Peternakan Tips Sehat

Ternyata Susu Sapi Murni Memiliki Banyak Manfaat

 Susu sapi murni memiliki banyak manfaat

Susu sapi murni memiliki banyak manfaatSusu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu adalah sumber gizi utama bagi bayi sebelum mereka dapat mencerna makanan padat. Susu binatang (biasanya sapi) juga diolah menjadi berbagai produk seperti mentega, yogurt, es krim, keju, susu kental manis, susu bubuk dan lain-lainnya untuk konsumsi manusia (wikipedia).

Setiap 100 gram susu mengandung 70.5 kilo kalori, 3,4 gram protein, 3,7 lemak, dan mengandung kalsium sebesar 125 miligram. Susu bisa diserap tubuh sebanyak 98-100%.

Susu sapi murni memiliki banyak manfaat. Susu dapat diolah menjadi keju, mentega, yoghurt, frozen yoghurt (froyo), bahkan es krim. Selain itu olahan susu bisa dibuat menjadi stick susu, permen susu, dan keripik susu.

Masih menurut wikipedia, Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Adapun syarat susu yang baik meliputi banyak faktor, seperti warna, rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik beku, titik didih, dan tingkat keasaman.

Warna susu bergantung pada beberapa faktor seperti jenis ternak dan pakannya. Warna susu normal biasanya berkisar dari putih kebiruan hingga kuning keemasan. Warna putihnya merupakan hasil dispersi cahaya dari butiran-butiran lemak, protein, dan mineral yang ada di dalam susu. Lemak dan beta karoten yang larut menciptakan warna kuning, sedangkan apabila kandungan lemak dalam susu diambil, warna biru akan muncul.

Ternyata susu sapi murni memiliki banyak manfaatnya padahal hanya mengkonsumsi segelas susu setiap harinya. Beberapa manfaat dari susu adalah

  • Susu mengandung pottasium yang dapat menggerakkan dinding pembuluh darah pada saat tekanan darah tinggi dan menjaga tubuh dari penyakit jantung.
  • Susu dapat menetralisir racun seperti logam, timah, kadmiun, dan beberapa logam berat yang tidak dapat diserap tubuh.
  • Kandungan hormon Tyrosin di dalam susu dapat meningkatkan hormon “gembira” sehingga tubuh lebih rileks.
  • Vitamin A yang terdapat dalam susu dapat mempertahankan kulit agar tetap kencang sehingga meningkatkan rasa percaya diri wanita terhadap kecantikan.
  • Kandungan vitamin B2 pada susu dapat meningkatkan ketajaman penglihatan.
  • Karena kandungan proteinnya yang tinggi, susu dapat membentuk otot sehingga baik itu atlet atau binaragawan.
  • Memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh, sehingga berfungsi seperti mengkonsumsi buah-buahan.

Jadi tunggu apalagi, yuuk kita galakkan minum susu karena susu sapi murni memiliki banyak manfaat dan murah harganya. Jika anda ke peternakan sapi perah, saat ini harga susu sapi segar di kisaran Rp. 6,000-8,000 rupiah per liter.

Leave a Reply