Edufarm

Pendidikan untuk anak ? Begini Caranya

Pendidikan untuk anak – Mendidik bukanlah pekerjaan yang mudah, mendidik selalu di penuhi dengan tantangan dan rintangan, karena yang dididik adalah anak orang, enggak bisa diperlakukan secara sembarangan. Disisi lain juga hal tersebut akan berpengaruh terhadap prilaku anak didik.

Sudah saat nya indonesia mempunyai pendidikan yang bagus, bukan dari sistem nya, bukan dari menteri nya, bukan dari taraf sekolahnya, bukan dari gurunya tetapi dari tujuan pendidikan. Apabila tujuan pendidikan sudah tepat maka entah siapapun yg jadi menteri dan guru, sistem yang biasa aja, fasilitas yang biasa aja maka pendidikan indonesia bisa lebih baik. Lalu, apa sih tujuan pendidikan yang sebenarnya ? bukan pelajaran, bukan pengetahuan tapi manusia nya itu lah yang kita didik.

Pendidikan untuk anak dan manusia harus berfokus kepada diri dan pribadi manusia tersebut, apabila kita mengandalkan kemampuan pelajaran untuk menentukan kualitas pendidikan seorang manusia maka itu sangatlah tidak adil, Albert Eisntein mengatakannya berpuluh puluh tahun yang lalu. Jika kita menentukan mana yang lebih baik antara ikan dan monyet dengan cara meminta ikan dan monyet untuk memanjat pohon, maka itu tidak adil. ingat setiap orang punya kemampuan masing masing.

Kedua, pendidikan untuk anak yang benarĀ  adalah kita sebagai guru dan orang tua harus mampu meyakinkan mereka ( anak anak ) bahwa mereka punya kemampuan yang luar biasa, yang harus di temukan, dan apabila telah ditemukan maka kita harus membimbing mereka untuk mengembangkan kemampuan tersebut.

Ketiga, pendidikan untuk anak haruslah membuat mereka penasaran terhadap pelajaran. Bukan memaksakan pelajaran untuk mereka kuasai sehingga mereka bosan dan akhirnya penasaran dengan hal lain di luar sekolah. ITU KAN KEJADIAN SEKARANG INI ??? anak-anak lebih suka main hape, tawuran, pacaran dan lain lain. Buatlah mereka penasaran pada mata pelajaran, penulis pernah menemukan seorang anak kelas 1 SD saat berkunjung ke Sentulfresh. Saat memberi makan rusa dia mampu menjelaskan apa yang di maksud dengan memamah biak ( sistem pencernaan rusa, kambing dan lain lain ) yang notabene nya adalah pelajaran SMP. Saat itu juga penulis bertanya, Kok kamu tau ? dengan lugu dia menjawab, aku liat di you tube soalnya penasaran kak.

Leave a Reply