Education Farm

Outing class Tzu Chi School ke Sentulfresh Edufarm Program

Outing class Tzu chi School

Outing class Tzu chi School: berpose sebelum edufarmKesempatan kali ini sentulfresh kedatangan kunjungan dari Pantai Indah Kapuk Jakarta, kegiatan yang dinamakan Outing Class Tzu Chi School ini di adakan selama 2 hari. Yaitu pada senin dan selasa tanggal 30-31 Maret 2015. Anak-anak yang masih berusia taman kanak-kanak ini datang pada pukul 09.00 wib dengan didampingi oleh guru.

Tzu Chi School ini apabila kita belum tahu adalah sekolah Budha yang didirikan oleh Master Cheng Yen yaitu seorang biksuni yang berprinsip untuk mengembangkan welas asih, belas kasih, sukacita, dan sikap memberi tanpa pamrih. Dengan tekad untuk membebaskan semua makhluk dari lautan penderitaan, maka pada tahun 1966 beliau mulai menjalankan misi mulia, mendirikan sebuah badan amal untuk menolong sesama manusia.

Outing class Tzu chi School : buat yoghurt
Siap-siap praktek membuat yoghurt
Outing class Tzu chi School : makan yoghurt
menikmati yoghurt sentulfresh
Outing class Tzu chi School : menunggu giliran naik pedet
Menunggu giliran naik pedet

 

 

 

 

 

 

Dengan misi mengembangkan pendidikan untuk membentuk manusia seutuhnya yang berhati-nurani, memiliki kebajikan dan memiliki pikiran dan pandangan yang benar juga meletakkan dasar bagi sebuah pendidikan berjenjang lengkap yang bertujuan membentuk sumber daya manusia yang berdaya guna, baik bagi dirinya sendiri maupun orang lain, serta membentuk sumber daya yang berkemampuan dan berakhlak baik.

Menyelenggarakan “pendidikan kehidupan” dengan pengelolaan yang berpegang teguh pada cinta kasih dan sistem yang berlandaskan aturan moralitas. Menyelenggarakan pendidikan berbudaya humanis, dengan menerapkan ajaran 4 sifat mulia: “welas asih, belas kasih, sukacita, dan memberi tanpa pamrih” serta membentuk sikap hidup yang “tulus, lurus, berkeyakinan, dan murni”. Menerapkan pendidikan yang

Outing class Tzu chi School
Naik Pedet Sentulfresh

 

berwawasan luas, agar tekad luhur untuk menjernihkan hati manusia dan menciptakan masyarakat yang damai dan tenteram dapat terus berlanjut.

Salah satu kegiatan yang di adakan di yayasan Tzu Chi wiyata ini adalah outing class dengan tujuan supaya anak bisa berinteraksi dengan alam, mengenal secara dekat dengan hewan, melihat serta memberi makan hewan termasuk kedalam salah satu yang diajarkan dalam tujuan kurikulum sekolah.

Pelajaran yang diajarkan oleh gurunya adalah Tzu Chi School sangat mementingkan pengurangan jumlah sampah, pemilahan sampah dan daur ulang sampah agar dapat dimanfaatkan kembali, dan selalu mengimbau terjaganya kelestarian lingkungan. Tzu Chi School mengajak murid-murid untuk praktik dan mengalami langsung kecintaan pada lingkungan di depo pelestarian lingkungan, belajar menghargai barang. Selain menyadari dan menghargai berkah, anak-anak juga harus bisa menciptakan berkah.

Pelajaran ini telah tertanam pada anak didiknya sewaktu datang ke sentulfresh, setelah mereka makan yoghurt dari sentulfresh maka mereka buang sampahnya pada tempat sampah yang disediakan. Saat mereka datang ke farm pun tidak ada yang membawa air mineral kemasan, mereka membawa tumbler sendiri dari rumahnya masing-masing. Maka dari sanalah kita bisa melihat penerapan kecintaan terhadap lingkungan meresap pada diri anak-anaknya.

Outing class Tzu chi School 1
Berfoto Bersama di Pendopo Sentulfresh

Leave a Reply