Edufarm

Asiknya Membuat Yoghurt Di Sentulfresh Bersama PAUD Flamboyan Bogor

Siapa yang bisa Membuat Yoghurt ???? semua orang bisa loh membuat yoghurt. Susu yang dihasilkan sapi memiliki banyak manfaat yang bagus untuk manusia, susu juga dapat diolah menjadi beberapa bentuk makanan, seperti es susu, permen susu, susu dengan rasa, susu bubuk dan lain sebagainya. salah satu produk hasil dari olahan susu adalah yoghurt.

Yoghurt adalah susu sapi atau domba yang di fermentasikan ( dieramkan, didiamkan, dicampur) dengan bakteri baik, disebut bakteri baik karena bakteri ini dapat membantu proses pencernaan di perut manusia, nama bakteri tersebut adalah Lactobacillus sp dan Streptococus sp. Aduh ga sabar pengen membuat yoghurt :D.

Yoghurt yang diolah memiliki jenis yang sangat banyak, akan tetapi di sentulfresh, yoghurt yang dibuat adalah yoghurt Fruit karena memiliki beraneka ragam rasa, ada rasa strowberry, melon, anggur, leci dan jeruk.  Pada hari ini Sentulfresh Edufarm Program menerima kunjungan teman-teman dari PAUD Flamboyan Bogor ( waah jauh yaaa ) dan berikut ini adalah cara pembuatan Yoghurt ala sentulfresh bersama teman-teman dari PAUD Flamboyan Bogor, Check it out Gaessss !!!!

Bahan Yang Harus Disiapkan :

Wisata edukasi Anak cara Membuat Yoghurt

  1. Susu sapi segerrrr
  2. Starter ( Bakteri yang sudah dicampur susu sedikit )
  3. Wadah kecil dan sendok
  4. Wadah besar yang transparan ( Baperware eh tupperware ding hehe )

 

wisata edukasi anak peserta akan membuat yoghurtIni nih teman teman dari PAUD Flamboyan yang akan membuat Yoghuuuurt…cihuuuy yeeee

Ada Edo, Jojo, Lulu, Ganteng dan Boni

 

 

Cara Pembuatan :

Pertama :

wisata edukasi anak membuat yoghurt cara pertamaSediakan wadah kecil untuk mengaduk susu dan bakteri, 1 liter susu memerlukan 2 sendok bakteri. Pada kali ini teman kita yang bernama Edo yang akan mengambil 4 sendok bakteri 😀

Ayooo Edooo semangaaaat Prok prok prok !!!

 

Kedua :

Wisata Edukasi anak membuat yoghurt cara keduaSetelah wadah kecil di isi oleh bakteri baik, kita ambil sedikit susu lalu aduk dengan rata teman teman.

Sekarang waktunya Jojo Unjuk gigi hehehe.

aduk yg rata ya jooo, tiati upilnya masuk :#

 

Ketiga :

wisata edukasi anak embuat yoghurt cara ketigaSetelah diaduk rata, kita masukkan bakteri yang diaduk tadi kedalam wadah yang berisi susu teman-teman.

Boni lagi menuangkan bakteri kedalam susu, jangan takut ya boniiii, Bakterinya baik kook 😀

 

 

Keempat :

Wisata edukasi anak membuat yoghurt cara keempatSetalah bakteri kita masukkan kedalam wadah susu, sekarang kita aduk wadah susu nya agar bakteri yang baik tadi menyatu dengan susu.

Nah ini dia ih ! si Ganteng lagi mengaduk wadah susu…

 

Kelima :

wisata edukasi anak membuat yoghurt cara kelimaSetelah diaduk maka bakteri yang baik tadi sudah bersatu dengan susu, sekarang agar mereka semakin menyatu kita tuangkan susu yang sudah tercampur bakteri baik kedalam wadah yang transparan.

wah Lulu’ kuat banget yaa bisa ngangkat wadah segede ituuu..

 

 

Keenam :

wisata edukasi membuat yoghurt cara keenamKita tutup rapat wadahnya dan kita diamkan ditempat yang tidak boleh terjangkau oleh anak-anak selama 8 jam, setelah itu jadi deh yoghurtnya ( Horeeeee !!! ). Selamat mencoba membuat Yoghurt ya teman-teman.

kalo mau dikasih rasa tinggal kasihin pewarna makanan dan gula sesuai selera :D.

Sekian dulu ya cerita hari ini…sampai jumpa di kunjungan selanjutnyaa !!!

 

2 comments

Leave a Reply