Produk Sentulfresh Tanaman

Manfaat Bunga Telang untuk Memperlancar Haid

Kembang atau bunga telang (Clitoria ternatea) adalah tumbuhan merambat yang biasa ditemukan di pekarangan atau tepi hutan. Dipercaya, Bunga Telang untuk Memperlancar Haid. 

Tumbuhan anggota suku polong-polongan ini berasal dari Asia tropis, namun sekarang telah menyebar ke seluruh daerah tropika.

Sejak dulu tumbuhan ini ditanam di pekarangan sebagai tanaman hias karena bunganya yang berwarna biru terang. Bunganya di berbagai tempat Asia Tenggara dimanfaatkan sebagai pewarna makanan atau kue. Di Malaysia, ekstrak mahkota bunganya dipakai untuk mewarnai ketan. Di Thailand, minuman penyegar berwarna biru dari ekstraknya dinamakan nam dok anchan (น้ำดอกอัญขัญ). Terdapat varietas dengan mahkota bunga berwarna putih.

bunga_telang_Memperlancar HaidBunga atau kembang telang ternyata mempunyai nama yang khas pada setiap daerah atau negara, ada beberapa nama panggilan dari bunga telang yaitu :

  • Gokarna (Marathi)
  • Butterfly pea, Blue pea vine, Pigeon wings (Inggris)
  • Bunga telang (Malaysia)
  • Dok anchan ดอกอัญขัญ (Thai)
  • nagar hedi (Kannada)
  • Sankhupushpam (Malayalam)
  • Telang (Betawi/Jakarta)

Bagi anda yang kurang mengenali herba ini, berikut deskripsinya. Tanaman herbal bunga telang ini merupakan jenis tanaman semak, menjalar, panjang 3-5 cm. batang membelit, masif, permukaan beralur, hijau. Daun majemuk, menyirip, lonjong, tepi rata, ujung tumpul, pangkal meruncing, panjang 4-9 cm, lebar 2-4 cm, tangkai silindris, panjang 4-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan berbulu, hijau.

Bunga majemuk, berbentuk tandan, diketiak daun, tangkai silindris, panjang + 1,5 cm, hijau, kelopak bentuk corong, panjang 1,5-2,5 cm, hijau kekuningan , tangkai benang sari berdekatan membentuk tabung, putih, kepala sari bulat, kuning, tangkai putih silindris, kepala putik bulat, hijau, mahkota bentuk kupu-kupu, ungu. Biji berbentuk ginjal, masih muda hijau dan setelah tua berwarna hitam. Akar tunggang, putih.

Kembang telang atau bunga telang ternyata tidak hanya bunganya saja yang memiliki manfaat, akarnya pun mempunyai khasiat tertentu untuk menyembuhkan penyakit lain. Salah satu manfaatnya adalah untuk memperlancar haid, yaitu dengan cara merebus beberapa bunga dari bunga teleng. Kemudian diminum setelah sebelumnya di campur dengan gula supaya tidak terlalu pahit. Maka haid pun menjadi lancar lagi.

Leave a Reply