Produk Sentulfresh Tanaman

Beberapa Manfaat Kembang Telang (Clitoria ternatea) Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa Manfaat Kembang Telang

Clitoria ternatea atau yang lebih dikenal dengan nama ‘Bunga Biru’ atau ‘Kembang Telang’ di daerah Jawa dan Sunda ini merupakan salah satu tanaman yang saat ini keberadaannya sudah semakin langka. Hal ini amat disayangkan karena kembang telang merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan herbal di berbagai belahan dunia.

Ada yang menduga Clitoria ternatea atau kembang telang berasal dari Amerika dan Asia, kembang telang yang umumnya ditemukan di Indonesia biasanya memiliki warna biru terang, namun terdapat jenis lain dengan warna bunga putih dan ungu muda.

manfaat kembang telang / Clitoria ternatea
manfaat kembang telang

Kecantikan warna Clitoria ternatea /kembang telang membuatnya selain dikenal sebagai tanaman hias yang dapat mempercantik halaman serta meningkatkan kesuburan tanah, juga sering dikeringkan bunganya dan digunakan sebagai makanan atau bahan pewarna makanan.

Pemanfaatan kembang telang / Clitoria ternatea tidak hanya terbatas pada bagian bunga saja melainkan seluruh bagian tanaman. Akar merupakan salah satu bagian yang banyak dimanfaatkan karena walau memiliki rasa pahit, namun dapat bersifat diuretik (peluruh kencing), laksatif (pencahar), obat cacing, perangsang muntah, pembersih darah, dan tonik yang dapat dimanfaatkan pada pengobatan demensia (penurunan fungsional yang disebabkan kelainan pada otak), hemikrania (sakit kepala), terbakar, bronkitis, asma, penyakit paru-paru serta demam.

Dikenal pula dengan nama butterfly pea (inggris), kembang telang / Clitoria ternatea selain memiliki senyawa alami yang menentukan warna bunga (antosianin) juga memiliki berbagai senyawa alami yang bermanfaat bagi sistem syaraf sebagai antidepresan yang mengurangi efek stres.

Baca Juga : Manfaat Kembang telang untuk memperlancar haid

Manfaat kembang telang dalam dunia kesehatan terutama dalam pengobatan syaraf dilakukan oleh Rai KS yang diterbitkan dalam Indian Journal of Physiology and Pharmacology (2001) menyatakan bahwa penggunaan ekstrak tanaman kembang telang dapat meningkatkan memori pada tikus muda dalam waktu 30 hari.

Beberapa studi juga mengatakan bahwa kembang telang dapat bermanfaat bagi kesehatan hati dan sistem sirkulasi lipoprotein serta dapat menghambat penyerapan gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sebuah berita yang di lansir examine.com (2013) menyatakan bahwa dari beberapa hasil penelitian, kembang telang ternyata memiliki efek positif terhadap metabolisme gula darah sehingga berperan penting dalam pengobatan diabetes, membantu menurunkan resiko penyakit jantung, serta dapat meningkat sistem kekebalan tubuh yang membuatnya bermanfaat dalam mengobati batuk, flu, meningkatkan fungsi otak dan sistem syaraf, serta merupakan penawar racun dan bisa ular atau serangga beracun.

 Artikel lain sebagai referensi : kembang-telang-bermanfaat-dan-indah

Leave a Reply