Peternakan

Sekarang Ternak Sapi Sudah Bisa Diasuransikan

 

Asuransi Ternak Sapi

Sentulfresh.com – Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Pertanian bekerja sama dengan empat perusahaan asuransi dalam bentuk konsorsium telah meluncurkan skema asuransi ternak sapi.  Konsorsium itu diketuai PT Asuransi Jasa Indonesia dengan anggota PT Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967, PT Asuransi Tri Pakarta, dan PT Asuransi Raya.

“Asuransi merupakan upaya kami untuk mengurangi risiko kredit yang dihadapi oleh perbankan. Kalau risiko kredit menurun dan ternaknya bisa produksi dengan baik, tentu ini akan menjadi suatu dorongan yang besar, baik untuk petani maupun industri perbankan,” ujar Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah beberapa waktu lalu.

Skema asuransi ternak sapi ini telah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Otoritas telah menunjuk Konsorsium Asuransi Ternak Sapi untuk memasarkan produk khusus asuransi ternak sapi di Indonesia.

Halim menjelaskan, usaha pertanian khususnya subsektor budidaya dan pembibitan sapi dianggap berisiko tinggi karena sapi rentan terhadap serangan penyakit dan kematian, sehingga bisa menyebabkan kerugian. Tak ayal, penyaluran ke sektor ini masih rendah.

BI mencatat, total kredit yang mengalir untuk sektor pertanian Rp158,5 triliun, dan hanya 7,35% atau Rp11,7 triliun kredit yang mengalir pada subsektor peternakan budidaya. Jika dibandingkan dengan total kredit perbankan yang mencapai lebih dari Rp3.000 triliun, kredit untuk peternakan budidaya hanya 0,4%.

Di sisi lain, kredit usaha mikro kecil dan mengengah sektor pertanian mencapai Rp43,73 triliun, dan hanya 14,95% atau Rp6,5 triliun kredit mengalir pada subsektor peternakan budidaya.

Halim berharap di masa mendatang ada model program kredit usaha peternakan sapi (KUPS) yang sebaik Kredit Usaha Rakyat (KUR), sehingga sektor peternakan bisa berkembang dengan baik.

Leave a Reply