Peternakan

Mendeteksi Kelinci Yang Sakit

Mendeteksi Kelinci Yang Sakit

Mendeteksi Kelinci Yang SakitSiapa yang tidak sedih jika melihat binatang kesayangannya sakit.  Seringkali jika kelinci kita sakit, kita pun ikut sedih.  Bagaimana sih cara mendeteksi kelinci yang sakit?  Berikut tips untuk mendeteksi kelinci yang sakit:

1.Dari tidur pun kelinci sehat akan cepat bangkit jika kedatangan orang. Sedang kelinci sakit akan malas beranjak.
2. Pegang telinga. Jika hangat seperti masa sehat berarti itu sehat. Tetapi jika dingin (sekalipun telinga tidak turun ke belakang) itu adalah anda awal penyakit karena gerak darah sudah mulai abnormal.
3. Jika 2 telinga turun ke belakang dan saat kita pegang dingin itu sudah sakit dalam masa lewat 2 hari. (telinga turun satu secara miring bukan tanda sakit, sedangkan turun ke belakang bisa indikasi sakit).
4. Telinga teramat panas melebihi kebiasaan juga bisa menjadi tanda sakit.
5. Perhatikan kondisi feses. Jika hitam kering (tidak hitam pekat) dan agak lonjong, tidak berbau dan bisa menggelinding itu artinya normal. Tetapi jika warnanya hitam kecil-pekat nampak keras juga terkesan ringan bobotnya atau menggumpal becek dari biasanya (dan itu biasanya disertai cairan), pastikan ada gejala sakit pada pencernaan. Vitamin B komplek perlu disediakan.
6. Feses hitam agak hijau, atau hijau kebiru-biruan berarti sakit parah. Biasanya sebelumnya tanda fesesnya mengacu pada feses cokelat berlendir.
7. Hati-hati bagi pemula yang sering salah menduga saat melihat kondisi feses hitam mengkilap (seperti gumpalan anggur). Itu tanda caesotroph, buka tanda sakit.
8. Mata berair dan hidung ingusan bisa jadi indikasi penyakit stres, pasteurella multocida dan indikasi penyakit kolap atau enterotoxaemia.
9. Dagu basah biasanya penyakit gigi atau bisa juga pasteurella multocida. Basahnya dagu disebabkan oleh rahang yang mulai terganggu oleh bengkaknya gigi.
10. Menggaruk-garuk adalah tanda gatal. Kulit yang bersangkutan pasti terdapat kutu, kudis, bisul atau tungau. Jika luka pada sudut kulit bisa juga karena belatung.
11. Kulit menjendol. Kemungkinan besar bisul. Pada telinga terkadang ada bintik putih kecil, itu Mendeteksi Kelinci Yang Sakit 2adalah jerawat biasa.
12. Lesu, malas makan, tatapan mata kosong. Ini adalah indikasi sakit yang sudah lewat dua hari. Setiap kelinci sakit, terutama pada pencernaan atau penyakit luar akut seperti lumpuh juga menampakkan gejala ini.
13. Perut buncit tetapi sehat dan struktur antara perut dengan punggung kurang seimbang biasanya cacingan. Sedangkan perut buncit kurang sehat, seperti makan gaya cemilan biasanya indikasi perut kembung atau diare.

Leave a Reply