Peternakan

Mendeteksi Kehamilan Kelinci

mendeteksi kehamilan kelinci

Ada banyak cara mendeteksi kehamilan kelinci, sekaligus banyak faktor yang membuat kita terkelabuhi. Karena itu marilah kita sedikit telaah dan memahami hal ini:

  1. Setelah kelinci dikawinkan, 10 jam kemudian sperma akan bereaksi dan seperti lazimnya proses pembuahan, akan menjadi sempurna pada umur kandungan 7 hari, lalu meningkat menjadi janin resmi pada umur 10 hari. Karena itu tidak usah kaget kalau pada umur kandungan 10 hari kelinci hamil mendadak gusar, makan dan minum banyak, dan terkadang sibuk mengorek ngorek kandang dengan kakinya, terkadang disertai sibuk mencari rumput untuk sarang. Ini tanda-tanda kehamilan juga, tetapi tidak setiap perilaku seperti ini pasti hamil. Tak usah buru-buru memasang kotak.
  2. Memasuki umur kandungan 14 sampai 17 hari biasanya semakin mudah mendeteksi kehamilan dengan melihat tingkah gusarnya, seperti mengorek-ngorek kandang dengan kuku, menggigit-gigit kayu, nampak pemarah, mengupulkan rumput dan semakin sensitif di dekati orang. Pangku kelinci dan elus elus kepala dan punggungnya. Setelah merasa nyaman, barulah tangan kita meraba bagian bawah perut pelan-pelan.
  3. Pada umur kandungan 25 hari, kelinci hamil atau semuanya biasanya menampakkan stres, gusar dan mulai mencari sarang. Kita bisa menempatkan kotak dan memberikan jerami, rumput kering atau jika terpaksa tidak ada, pasok robekan-robekan koran. Ada baiknya jerami tidak usah dimasukan dikotaknya, supaya kelinci bekerja sendiri memasukkan dan membangun gulungan. Sebab sekalipun kita memasukkan jerami di dalam kotak, seringkali kelinci mnegobrak ngabrik terlebih dahulu baru kemudian menata sarang.
  4. Kelinci bunting semu kelakuannya juga sama dengan kelinci hamil pada umumnya, kalaupun ada perbedaan biasanya tidak terlalu mencolok. Jika pada umur kandungan 33 hari tidak melahirkan anak, maka sudah jelas itu hamil semu. Kita bisa mengulang mengawinkan secara lebih baik. Biasanya hamil semu disebabkan kurang tepatnya perkawinan atau memang ada situasi tertentu seperti hawa terlalu panas, stres berlebihan dan penyebab lainnya.
  5. Jika kita tetap kesulitan menentukan apakah kelinci yang sudah dikawinkan itu hamil atau tidak sebaiknya diyakini sebagai kelinci hamil. Pada umur kandungan 25 hari siapkan kotak. Jika tetap tidak menunjukkan kehamilan kita harus bersabar sampai usia kandungan 33 hari, baru dikawinkan lagi. Karena biasanya diantara kita ada yang ceroboh soal kalender atau ada orang lain yang mengawinkan, sebaiknya kita tunda saja sampai seminggu. Ini lebih aman.

Leave a Reply