Education Farm Tanaman

SD Islam Terpadu Ibnu Hajar Katulampa Kunjungan Edukatif ke Sentulfresh

 SD Islam Terpadu Ibnu Hajar Katulampa

Sekolah Islam terpadu Ibnu Hajar Katulampa adalah salah satu sekolah tingkat sekolah dasar yang bernuansakan Islam dengan konsep alam. Sekolah Islam terpadu Ibnu Hajar katulampa yang disingkat SIIHA ini terletak di daerah sekitar katulampa Bogor.

SD Islam Terpadu Ibnu Hajar Katulampa - 1Sekolah ini menawarkan suasana sekolah yang asri, dengan pemandangan yang indah serta arena bermain yang luas, sehingga anak-anak akan nyaman berlama-lama di sekolah.

Sekolah ini memang berkonsepkan sekolah alam. Kalau pernah ada yang datang kesana kalian pasti tidak akan melihat bangunan yang berbahan dasar semen batu dan pasir. Ya, betul sekali, di sekolah Islam terpadu Ibnu Hajar katulampa ini semua bangunannya terbuat dari bambu. Memang benar-benar berkonsepkan alam yang asri.

Bagaimana kegiatan belajar anak didiknya? Mereka bukan hanya diajarkan tentang ilmu pengetahuan scara teori saja, tapi merekapun dikenalkan langsung dengan apa yang sedang mereka bahas.

Seperti saat ini, kemarin tepatnya tanggal 27 April 2015 sentulfresh kedatangan tamu dari SD Islam terpadu Ibnu Hajar katulampa kelas 2. Konsep belajar mereka minggu ini adalah tentang dunia peternakan. maka mereka berkunjung ke farm untuk melihat secara langsung apa yang telah mereka pelajari dari buku dan penjelasan guru.

Anak-anak SD Islam terpadu Ibnu Hajar Katulampa bercocok tanam menanam cemara hias ke dalam pollibag yang sudah disediakan oleh tim farm. Tak terlihat kekhawatiran atau rasa jijik saat tangan-tangan mereka mulai menyentuh tanah yang sudah dicampur oleh pupuk kandang sebagai media tanam.

Pertama mereka mengisi pollibag dengan tanah setengahnya, kemudian mereka masukkan tanaman yang sudah disiapkan, kali ini mereka menanam cemara hias. setelah cemara hias tersebut selesai dimasukkan kemudian anak-anak mulai menambahkan tanah bercampur pupuk kandang lagi kedalam pollibag yang mereka pegang hingga penuh, dan terakhir anak-anak menekan nekan tanah tersebut supaya lebih padat.SD Islam Terpadu Ibnu Hajar Katulampa 2

Tanaman hasil tanam anak-anak SD Islam Terpadu Ibnu Hajar Katulampa ini kemudian dibawa pulang atau mereka tanam di sekolah sebagai bukti bahwa mereka sudah pernah bercocok tanam dan pernah berkunjung ke sentulfresh integrated farm.

Terimkasih sudah berkunjung ya teman-teman 🙂

Leave a Reply