Kegiatan Yang Dilakukan Selama Field Trip / Kunjungan Edukatif ke Sentulfresh

Field trip ke Bogor cover

Field trip ke Bogor atau Kunjungan Edukatif  yang diadakan di Sentulfresh Indonesia saat ini memiliki kegiatan yang beragam.  Tidak hanya observasi hewan, siswa juga dapat meng-observasi tanaman dan praktek bioteknologi.

Field trip ke Bogor  – Run down acara selama kegiatan di Sentulfresh Edufarm Program meliputi :
(1)  Gathering di Pendopo.  Selama gathering ini siswa mendapatkan pengetahuan tentang segala isi farm di Sentulfresh.  Penyajian materi melalui slide yang berisi gambar-gambar dan diselingi dengan ice breaking oleh guide kami.

Field trip ke Bogor pendopo

(2)  Praktek pembuatan yoghurt.  Setelah presentasi selesai, para siswa akan melakukan praktek pembuatan yoghurt.  Beberapa orang akan maju ke depan sebagai wakil siswa, kemudian akan melakukan penakaran starter/biang, pencampuran starter ke media, dan selanjutnya pemeraman di kotak yang telah disediakan.

Field trip ke Bogor  bikin yoghurt


(3)  Outdoor activity dimulai setelah praktek membuat yoghurt.  Siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok kecil.  masing-masing kelompok terbagi menjadi 25-30 orang siswa dan akan dipandu oleh satu (1) orang tour guide.

Field trip ke Bogor  outdoor

(4)  Wahana pertama adalah memberi makan ikan.  Beberapa jenis ikan hadir di Sentulfresh, yaitu ikan patin, ikan bawal, ikan nila, ikan lele raksasa.  masing-masing di kolam yang berbeda.  Lele Sangkuriang di Sentulfresh ini memang berukuran jumbo, kalau tidak mau dikatakan raksasa, karena memiliki bobot hidup 8-10 kilogram.  Tak heran, kehadiran lele ini mengundang keheranan siswa yang melihatnya.
(5)  Memberi makan burung dara.  Sesi ini menjadi salah satu yang diminati siswa.  Mereka akan mencoba menangkap burung dan jika dapat, maka burung tersebut dipersilahkan untuk dibawa pulang.
(6)  Menaiki pedet atau anak sapi.  Pedet ini berumur 8-12 bulan sehingga anak-anak tidak terlalu takut untuk naik ke atas badannya.  Para guru atau orangtua dipersilahkan mengabadikan moment naik pedet ini dan siswa di beri kesempatan satu demi satu menaiki pedet tersebut.
(7)  Memerah susu sapi.  Pengalaman memerah susu sapi ini merupakan pengalaman yang terlupakan bagi anak-anak dimana mereka merasakan sensasi yang luar biasa.  Ada yang takut, ada yang ragu-ragu, ada yang menjerit, dan masih banyak cerita seru dibalik kisah memerah susu sapi ini.  Sapi yang digunakan dalam sesi ini adalah sapi betina yang sudah terbiasa digunakan selama kegiatan wisata edukatif ini.
(8)  Observasi tanaman.  Siswa diajak untuk mengenal tanaman lebih dalam lagi dengan melihat koleksi tanaman yang ada di Sentulfresh.  Koleksi tanaman tersebut meliputi koleksi tanaman obat, tanaman hias, tanaman buah, tanaman pagar, dan tanaman lainnya.
(9)  Observasi peternakan cacing.  Konsep integrated farming yang diterapkan di Sentulfresh Indonesia adalah zero waste management, sehingga kotoran sapi/feces dimanfaatkan salah satunya untuk media hidup cacing lumbricus rubellus. Siswa diajak untuk mengamati dan mempelajari bagaimana proses penguraian kotoran sapi menjadi makanan cacing dan pemanfaatan cacing sebagai suatu komoditas ekonomi.
(10)  Observasi rusa.  Rusa yang ada di sentulfresh adalah rusa totol yang juga bisa ditemukan di kebun raya bogor / Istana Bogor.
Temui Sentulfresh Educatin farm di Facebook. Silahkan klik Sentulfresh Edufarm Program
Save

5 thoughts on “Kegiatan Yang Dilakukan Selama Field Trip / Kunjungan Edukatif ke Sentulfresh

  1. Dear SentulFresh,
    Kami dari TK Islam Budi Mulia di Jakarta Timur berencana mengadakan field trip dengan jumlah rombongan +/- 50 anak dan 50 pendamping.
    Bisakah saya dikirimkan daftar harga paket?
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *