Rusa Tutul Macan : Hewan Eksotis di Sentulfresh

Rusa Tutul Macan cover

Rusa Tutul Macan adalah salah satu dari berbagai macam hewan yang ada di wisata edukasi sekolah Sentulfresh. Di kandang rusa, anak anak akan diajak oleh kakak pemandu untuk melihat langsung dan mengobservasi Rusa tutul macan. Kakak pemandu juga akan memberikan materi tentang hewan ini mulai dari ciri-ciri, nama, kebiasaan, perkembangbiakannya dan juga manfaat yang bisa manusia ambil dari hewan ini.

Rusa Tutul Macan cantik

Menurut wikipedia, Rusa tutul atau Rusa totol, dalam bahasa Hindi disebut Chital (/təl/) (nama ilmiah Axis axis), dalam bahasa Inggris dinamakan Spotted deer, Chital deer, atau Axis deer, adalah spesies rusa yang berasal dari anak benua India. Spesies ini pertama kali dideskripsikan oleh naturalis Jerman Johann Christian Polycarp Erxleben pada 1777. Rusa tutul jantan yang berukuran sedang, tingginya hingga bagian bahu mencapai hampir 90 cm dengan bobot sekitar 75 kg, sedangkan yang betina tingginya 70 cm hingga bahu dengan berat sekitar 45 kg. Dimorfisme seksual spesies ini antara lain: rusa tutul jantan lebih besar daripada betina, dan tanduk hanya ada pada rusa tutul jantan, panjang tanduknya hampir satu meter dan bercabang tiga. Bagian atas tubuhnya berwarna emas hingga merah kecokelatan, dengan bintik-bintik putih. Bagian perut, pantat, tenggorokan, dan bagian dalam: kaki, telinga, dan ekor semuanya berwarna putih.

Populasi, Habitat dan Persebaran. Rusa totol secara alami tersebar di India, Sri Lanka, Nepal, Bhutan, dan Bangladesh. Rusa totol diintroduksi ke Argentina, Armenia, Australia, Brazil, Kroasia, Moldova, Pakistan, Papua Nugini, Ukraina; Amerika Serikat, dan Uruguay. Pada tahun 1814, Gubernur Jenderal Inggris, Thomas Stanford Raffles mendatangkan rusa totol ke Istana Bogor yang berkembang biak hingga sekarang. Populasi rusa totol di halaman Istana Bogor yang mencapai 880 ekor dianggap telah melebihi kapasitas mengingat idealnya komplek Istana Bogor hanya dihuni oleh sekitar 400-an ekor rusa totol saja.

Rusa Tutul Macan istana bogor

Kegiatan memberi makan rusa tutul di Sentulfresh sangat berkesan bagi anak anak, mengingat hewan ini sangat jinak saat diberi makan. Sensasinya akan terasa saat makanan yang anak anak bawa disambar dan ditarik oleh 3 rusa tutul macan di Sentulfresh. Kegiatan memberi makan rusa terdapat pada paket Happy Kids dan Superkids dalam paket wisata edukasi anak TK dan SD di Sentulfresh.

Leave a Reply