Edufarm

My Trip My Adventure bersama TK Islam Melati

Hari ini teman-teman dari TK Islam Melati berkesempatan mengunjungi Sentulfresh Edufarm, ada yang menarik dari kedatangan mereka. Mereka kompak dan bersama-sama menggunakan kaos bertuliskan MY TRIP MY ADVENTURE, sebuah kata yang penuh makna yang mana makna dari kata tersebut dapat memberikan pendidikan karakter kepada mereka.

This slideshow requires JavaScript.

Pendidikan karakter harus diterapkan pada anak ketika mereka masuk usia belajar, hal tersebut penting karena pada usia belajar mereka akan bertemu dan berinteraksi dengan manusia lainnya yaitu teman mereka sendiri. Sebagai orang tua kita akan merasa kasihan dan tidak tega apabila anak kita adalah anak yang susah untuk berinteraksi dengan manusia lainnya, cenderung menyendiri dan tidak berani untuk mencari kawan.

my trip my adventure ikan
Memberi makan ikan

Dalam pendidikan karakter, anak-anak diajak untuk berinteraksi dengan sesamanya. Taman kanak-kanak di Indonesia mulai berinovasi dalam kegiatan belajar dan mengajarnya, mengadakan makan siang bersama di sekolah, membagi anak-anak ke dalam suatu kelompok dan memberikan mereka tugas untuk menggambar, mewarnai, membuat suatu kerajinan dan lain sebagainya. Hal tersebut akan melatih jiwa sosial anak-anak agar mereka bisa bersosialisasi dengan sesama manusia.

my trip my adventure duduk manis
Mau ngapain tuh ?

Akan tetapi, kata ” bersosialisasi” itu sangatlah luas dan mencakup seluruh makhluk hidup. Bersosialisasi terhadap makhluk hidup selain manusia akan melatih karakter dan kepemimpinan anak kita.  Kita paham dan mereka pun paham bahwa kita sebagai manusia dapat mengambil manfaat dari sesama makhluk hidup, kita boleh mengambil manfaat dari ikan, ayam, kambing, sapi untuk menjadi makanan manusia sehari hari. Kita juga boleh mengambil manfaat dari tanaman untuk dijadikan makanan dan juga obat bahkan hiasan di rumah kita.

Dalam interaksi ini dibutuhkan bimbingan guru dan para ahli agar mereka dapat membedakan mana eksploitasi mana mengambil manfaat secukupnya dan ketika anak-anak mampu membedakan hal tersebut, disitulah karakter mereka akan terlihat.

my trip my adventure kak sarah
Kak sarah lagi meng edukasi anak-anak

Seperti biasa, anak-anak akan mengikuti presentasi terlebih dahulu kemudian baru mereka berjalan-jalan untuk berkeliling peternakan. Mereka tampak semangat dan bergembira karena yang mereka lakukan benar-benar MY TRIP MY ADVENTURE bangeeet, mereka melihat ikan raksasa, ikan bawal, melihat rusa tutul macan, mereka naik sapi, memerah susu sapi, observasi cacing dan yang paling seru adalah MENANGKAP IKAAAAN yeeeeaaaahhh….

Leave a Reply