Pertimbangan Jarak Tempuh Untuk Kegiatan Field Trip Sekolah

Jarak tempuh ke wisata edukasi sentulfresh

Kegiatan Field trip atau juga yang di kenal dengan wisata sekolah, wisata edukasi, wisata edukatif, wisata untuk tk dan sd, study tour dan lain lain merupakan suatu kegiatan yang diselenggarakan pihak sekolah untuk menopang pelajaran di sekolah, teori didapatkan di kelas dan prakteknya didapatkan di tempat tempat tertentu.

Seluruh tingkat pendidikan di indonesia memiliki program ini karena memang penting dalam menyokong pelajaran di sekolah, tak ayal pada musim musim sekolah mulai banyak sekolahan yang melakukan kegiatan ini. Pihak sekolah sebagai penyelenggara akan merumuskan tema pendidikan di suatu tingkatan sekolah, lalu mencari tempat wisata edukasi yang sesuai dengan tema pendidikan.

Ada tema lalu lintas, guru akan mengajak muridnya ke satlantas suatu kota, ada tema pekerjaan yang akan membawa murid ke pabrik-pabrik, ada tema transportasi umum maka pihak guru akan membawa murid mereka berkeliling kota dengan menggunakan tranportasi umum, ada juga tema peternakan yang akan mengarah ke tempat wisata edukasi anak di jabodetabek yaitu Sentulfresh Edufarm Program.

Dalam melakukan kegiatan field trip ini ada banyak pertimbangan yang dilakukan oleh pihak guru salah satunya adalah JARAK. Sudah menjadi momok yang menakutkan peristiwa macet di benak para guru dan orang tua, keadaan macet bisa merusak segala rencana kunjungan yang sudah rapi di buat. Kedatangan menjadi terlambat, mabok perjalanan yang dialami anak anak, mood yang tiba-tiba berubah menjadi tidak asik dan lain sebagainya, intinya macet adalah hal yang tidak ingin di terima oleh orang-orang terlebih mereka yang ada di jabodetabek.

Untuk menghindari kemacetan para guru sudah berpengalaman pastinya, hal pertama yang mereka lakukan adalah memilih-milih dengan cermat tempat tujuan wisata edukasi sekolah tersebut dengan berbagai macam pertimbangan ; Berada di kawasan jabodetabek atau tidak ? Akses jalannya via tol atau tidak ? ada tempat parkir atau tidak ?.

Dari berbagai macam pertimbangan, ada satu hal yang sebenarnya diinginkan oleh pihak sekolah dalam kegiatan field trip sekolah ini yaitu : Pihak sekolah ingin kegiatan field trip ini sama seperti KBM di sekolah, anak-anak berangkat pagi dan siang sudah pulang. Karena apabila mengunjungi suatu tempat yang akses nya macet maka akan membuat anak-anak kecapean dan sampai di sekolah bisa malam hari dan mau ga mau esok harinya harus libur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s