Catatan Wisata Edukasi Anak : Kunjungan SD Santo Markus 2 Ke Sentulfresh

Wisata edukasi anak cover

Wisata edukasi anak bermainTumbuhan dan hewan merupakan penghuni planet ini sama seperti kita manusia. memiliki berjuta-juta macam spesies, bentuk, warna dan ekosistem. Tanaman dan hewan diakui dapat memberikan manfaat bagi seluruh manusia, sebagai contoh : Manusia membutuhkan oksigen untuk bisa bernafas, sedangkan tanaman adalah penghasil oksigen terbesar di planet ini dan manusia juga membutuhkan daging rusa, sapi, kambing, ayam, bebek dll untuk bertahan hidup.

Manfaat yang diberikan oleh tanaman dan hewan ini yang membuat betapa pentingnya kita mengenal alam lingkungan. Memanfaatkan sangat berbeda dengan eksploitasi, memanfaatkan memiliki makna bahwa kita mengambil sedikit untuk diri kita sendiri sedangkan eksploitasi memiliki makna erarti politik pemanfaatan yang secara sewenang-wenang atau terlalu berlebihan terhadap sesuatu subyek eksploitasi hanya untuk kepentingan ekonomi semata-mata tanpa mempertimbangan rasa kepatutan, keadilan serta kompensasi kesejahteraan.

Wisata edukasi anak sd santo markus 2
Chees 😀
Wisata edukasi anak memerah susu sapi
Kelompok Hijau lagi memerah susu
Wisata edukasi anak kandang sapi
Waaaaw Kereeen 😀

Wisata edukasi anak Sentulfresh menerima kunjungan teman-teman kelas 3 dari Sekolah Dasar Santo Markus 2, Santo Markus II adalah sekolah hasil pengembangan dari Sekolah Santo Markus Cililitan. Untuk membedakannya orang lalu menyebutnya Santo Markus II.

Pada tahun 1980, Pengurus Yayasan yang diketua oleh Bpk. dr Ign Hariyanto mengadakan survey di daerah Lubang Buaya dan sekitarnya untuk mencari lahan yang cocok untuk pengembangan sekolah di wilayah Lubang Buaya. Yayasan berhasil membeli tanah sawah seluas kurang lebih 15.000 m2 dari warga asli. Pada tanggal 08 April 1988 dengan SK No. 976 Gubernur memberi izin kepada Yayasan Santo Markus untuk menggunakan tanah di Lubang Buaya bagi sarana pendidikan dengan luas 15.000 m2. IMB untuk gedung TK dan SD turun pada tahun 1989. Dan IPB TK dan SD keluar pada tahun 1990.

Maka pada masa kepengurusan Ibu Dra. Yoke Widya Siagian, dimulailah penerimaan murid baru di sekolah Santo Markus II Lubang Buaya yaitu pada tahun ajaran 1990/1991. Untuk TK diterima 36 murid, sedangkan untuk SD diterima 126 murid (untuk kelas I-II-III-IV). Murid-murid yang berasal dari daerah sekitar Taman Mini, Kampung Ceger, Cipayung, Lubang Buaya dan Pondok Gede yang bersekolah di Santo Markus Cililitan dipindahkan ke sekolah Santo Markus Lubang Buaya.

Wisata edukasi anak naik pedet
Naik Sapiiiiiiii
Wisata edukasi anak naik sapi
Giliran kelompok biru lagi naik sapi
Wisata edukasi anak menanam
Kelompok hijau praktek menanam

Kedatangan mereka sudah di tunggu, mereka datang dengan wajah ceria, berharap akan mendapatkan pengalaman yang seru dari Sentulfresh Edufarm Program. Acara berjalan lancar, dimulai dengan presentasi, keliling peternakan, melihat ikan patin, Giant Catfish, Bawal, melihat sapi perah, memerah susu, naik pedet, memberi makan kelinci dan rusa, observasi tanaman dan cacing tanah lumbricus.

Ada yang unik dari kunjungan kali ini, pihak sekolah sudah membagi rombongan menjadi 4 kelompok dan setiap kelompok menggunakan baju yang berbeda dengan kelompok lain. Ada kelompok Merah, Hijau, Kuning dan Biru, teman-teman dari SD Santo Markus 2 ini sangat antusias mengikuti kegiatan Wisata edukasi sampai akhir, terima kasih untuk kedatangan nya, semoga berkesan, hati-hati di jalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s