Wisata Edukasi (Pendidikan) Untuk Anak bersama Sekolah Alam Jingga

wisata edukasi untuk anak cover

Sekolah alam sudah mulai tersebar di seluruh kota-kota besar, munculnya sekolah alam ini tidak luput dari peran sesorang yang bernama Lendo Novo, beliau menggagas konsep sekolah alam berdasarkan keprihatinannya akan biaya pendidikan yang semakin tidak terjangkau oleh masyarakat. Ide membangun sekolah alam adalah agar bisa membuat sekolah dengan kualitas sangat tinggi tapi murah. Itu dilakukan karena sebagian besar rakyat Indonesia miskin.

Paradigma umum dalam dunia pendidikan adalah sekolah berkualitas selalu mahal. Yang menjadikan sekolah itu mahal karena infrastrukturnya, seperti bangunannya, kolam renang, lapangan olahraga, dan lain-lain. Sedangkan yang membuat sekolah itu berkualitas bukan infrastruktur. Kontribusi infrastruktur terhadap kualitas pendidikan tidak lebih dari 10%. Sedangkan 90% kontribusi kualitas pendidikan berasal dari kualitas guru, metode belajar yang tepat, dan buku sebagai gerbang ilmu pengetahuan. Ketiga variabel yang menjadi kualitas pendidikan ini sebetulnya sangat murah, asalkan ada guru yang mempunyai idealisme tinggi. Dari situ Lendo mencoba mengembangkan konsep-konsep sekolah alam.( wikipedia ).

wisata edukasi untuk anak pendidikan
Suasana sentulfresh edufarm saat kunjungan

Sebetulnya dia tidak keluar dari mainstream. Namun sedang mengedukasi mainstream supaya belajar seperti sekolah alam. Kalau dulu kita belajar fisika, matematika, kimia, biologi dengan cara guru menjelaskannya dan siswa mencatat. Kalau sekarang siswa langsung menanam pohon, kemudian berinteraksi dengan binatang, sehingga pelajaran fisika, kimia, biologi menjadi terintegrasi.

Wisata edukasi untuk anak SD
Sepertinya menyenangkan

Sekolah alam jingga bekasi adalah  sekolah alam berbasis komunitas yang berdiri komunitas JINGGA mencanangkan proyek MEWUJUDKAN SEKOLAH KEHIDUPAN. Proyek ini dirancang untuk semakin menguatkan JINGGA Lifeschool sebagai sekolah alam berbasis komunitas.ejak 2013. Sistem pendidikan berbasis alam yang dijalankannya bertujuan melahirkan generasi yang berakhlakul karimah, kokoh dalam logika-ilmu pengetahuan & tradisi ilmiah, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Menyadari semakin banyaknya orangtua yang butuh pendidikan ramah anak dan mengingat kebutuhan untuk mengembangkan kampus pendidikan terpadu.

wisata edukasi untuk anak bogor
Menunggu giliran naik sapi 😀

Dan hari ini mereka berkesempatan untuk mendatangi dan mengunjungi Sentulfresh Edufarm Program, sebuah tempat wisata edukasi/pendidikan untuk anak TK dan SD. Mereka di sini berinteraksi dengan berbagai macam hewan dan tanaman. Di sini apa yang mereka pelajari secara teori akan segara langsung di praktekkan, salah satu nya mengenal fungsi dari tanaman obat seperti zodia, mahkota dewa dan lavender. Semoga kunjungan ini berkesan bagi mereka dan mampu membantu para guru dalam memberikan pendidikan tentang alam kepada mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s