Catatan Wisata Edukasi : SD Pah Tsung Field Trip ke Sentulfresh 6 April 2016


wisata edukasi di sentulfreshHari ini, 6 April 2016,  giliran SD Pah Tsung melakukan wisata edukasi SD ke Sentulfresh.  Wisata edukasi yang sering juga disebut field trip atau kunjungan edukatif merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh siswa TK dan SD dengan tujuan agar para siswa mendapatkan pengetahuan nyata mengenai teori yang diajarkan di sekolah.

Betapa pentingnya kegiatan wisata edukasi ini sehingga banyak sekolah, terutama sekolah favorit memasukkan kegiatan wisata edukasi atau field trip ke dalam agenda utama kegiatan outdoor activity .  Untuk tingkatan Sekolah Dasar, wisata edukasi ke peternakan biasanya diwajibkan untuk kelas 1 hingga kelas 3 SD.

SD Pah Tsung yang beralamatkan di Komplek Citypark Blok A-4 Cengkareng Jakarta Barat, Indonesia, sebanyak 190 orang siswa kelas 1 dan 2 hari ini asyik ber wisata edukasi memerah susu sapi, naik pedet, observasi rusa, kelinci, ayam, ternak cacing, juga membuat yoghurt dan observasi tanaman.

Sekolah Pah Tsung pertama kali berdiri pada zaman penjajahan Jepang karena melihat banyak anak-anak dan generasi muda yang tidak bersekolah  pada masa itu. Setelah Indonesia merdeka, sekitar tahun 1947 ada  sekumpulan orang keturunan Tionghoa yang berinisiatif untuk mendirikan sekolah. Dibukalah Sekolah Tingkat Menengah Atas yang mayoritas siswanya adalah keturunan Tionghoa dengan nama Pah Tsung. Ini berasal dari kata Pah Tsen artinya  “Batavia” dan Tsung Sio artinya Sekolah Menengah yang maksudnya yaitu Sekolah Menengah yang  terletak di daerah Batavia.

Kemudian ketika Batavia berganti nama menjadi “Jakarta”, sekolah pun ikut mengganti namanya menjadi “Ya Tsung” artinya Sekolah Menengah  yang terletak di daerah Jakarta. Dikarenakan mayoritas siswanya adalah keturunan ras Tiong Hoa maka bahasa yang digunakan adalah bahasa Mandarin.

Pada masa orde baru, bahasa Mandarin diangggap sebagai salah satu bentuk ancaman bagi pemerintahan,  sehingga pada tahun 1966 sekolah terpaksa  ditutup dan  segala aktivitas  kegiatan belajar mengajar dihentikan.

Sekitar tahun 200 para alumni dari Sekolah Pah Tsung berkumpul kembali dengan wacana ingin membangun kembali almamater mereka dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun sekolah unggulan non-komersil. Segala bentuk daya dan upaya telah diusahakan sehingga sekitar tahun 2007 secara serius para alumni tersebut melakukan berbagai persiapan untuk membuka sekolah. Pada tahun 2009, mulailah dibangun gedung Sekolah Pah Tsung yang berada di area Kompleks City Park blok A4, Cengkareng, Jakarta Barat.

Sekolah Pah Tsung ini mendapat dukungan penuh dari para alumni dalam wadah sebuah yayasan yang bernama Yayasan Panca Cemerlang. Yayasan ini adalah lembaga yang menyelenggarakan dan mengelola, membuat konsep, visi, misi serta strategi pendidikan dan arah kerja sekolah.

Sekolah Pah Tsung berdiri kembali pada Tahun Ajaran 2012/2013 dengan membuka jenjang mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) kelas 1 .  Pada Tahun Ajaran 2013/2014 dilanjutkan dengan pembukaan sampai jenjang Sekolah Dasar (SD) kelas 4. Di Tahun Ajaran 2014/2015 dilanjutkan sampai Sekolah Dasar (SD) kelas 5.

Berikut aksi siswa SD Pah Tsung selama melakukan wisata edukasi di sentulfresh

wisata edukasi memberi makan ikan di kolam patin

Memberi makan ikan patin.  Setiap siswa mendapatkan pelet ikan dan secara serentak mereka melemparkan pelet/makanan ikan tersebut ke kolam.  Selain ikan patin, siswa juga memberi makan ikan bawal, ikan nila, dan ikan lele sangkuriang raksasa.

wisata edukasi pojok taman sentulfresh

Salah satu pojok tanaman yang digunakan untuk menunggang sapi.  Terlihat Rambo, sapi jantan di sentulfresh, sudah bersiap diri menyambut siswa SD PAh Tsung

This slideshow requires JavaScript.

Beberapa pose siswa SD Pah Tsung menunggang pedet. terlihat mereka sudah tidak canggung lagi berinteraksi dengan sapi.  Ada dua sapi yang ditungganggi.  Mereka bernama Rambo dan Ricko.

This slideshow requires JavaScript.

Detik-detik menangkap burung dara di Sentulfresh Edufarm Program

 

This slideshow requires JavaScript.

Suasana meriah selama wisata edukasi di sentulfresh.  mereka belajar sambil bermain di playing ground.

This slideshow requires JavaScript.

Ekspresi mereka selama field trip di sentulfresh.  Foto diambil secara close up.

Demikianlah keceriaan siswa SD Pah Tsung selama mengikuti kegiatan wisata edukasi di sentulfresh.  Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya….. Salam Sentulfresh…moooooooo…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s