Tips Mendapatkan Kelinci yang Bagus

setiap orang bisa memelihara kelinci

Mengapa kelinci banyak yang mati?

Tidak sulit menganalisa hal seperti ini. Beberapa penyebabnya bisa dirujuk pada fakta sebagai berikut:

  1. Memisahkan anak dari induk sebelum masa sapih dan masa penyatuan sehingga anak kehilangan sumber gizi dan stres.
  2. Pemeliharaan yang tidak mengindahkan kaidah pemeliharaan kelinci. Banyak yang berfikir kebutuhan kelinci seperti kebutuhan manusia atau hewan lain sehingga dalam pemberian pakan misalnya tidak diberikan pakan yang sehat dan sesuai kebutuhan kelinci. Dalam hal pemeliharaan seringkali kandang tidak sehat dan tidak memenuhi standar untuk kehidupan kelinci.
  3. Perawatan yang tidak tanggap sehingga penyakit yang seharusnya mudah diatasi berkembang mewabah sampai mengakibatkan kematian.
  4. Kurang rasa kasih sayang sehingga perhatian untuk kelinci minim.

mendapatkan kelinci yang bagusKelinci aja kalau kurang kasih sayang bisa stres dan mati, maka kelinci harus penuh dengan kasih sayang, apalagi kamu?

Bagaimana kita mendapatkan kelinci?

  1. Harus berumur diatas 2 bulan. Kelinci yang dijual sembarangan, termasuk di petshop memang sering dikatakan lebih 2 bulan, padahal biasanya baru berumur 2-3 minggu, saat masa-masa lucu kelinci. Sekalipun nampak sehat tetapi sesungguhnya sedang memiliki masalah. Tiga sampai tujuh hari kemudian biasanya mati. Kalaupun hidup kebanyakan hanya keberuntungan saja.
  2. Kelinci dibawa ke tempat jauh sangat beresiko, apalagi tidak di perhatikan makanan dan minumannya. Jangankan anak kelinci, anak manusia pun dalam perjalanan jauh sering sakit, mual, stres, apalagi dalam situasi panas (dehidrasi, musuh utama kelinci), lapar dan haus. Kelinci boleh dibawa jauh hanyalah kelinci dewasa, itu pun harus dengan perawatan ekstra.
  3. Sebelum membeli kelinci sebaiknya mempelajari terlebih dahulu secara mendalam seluk beluk pemeliharaan kelinci melalui bacaan, internet, buku atau bertanya pada ahlinya. Mereka para ahli kelinci adalah para pemelihara/peternak yang juga menguasai teori pemeliharaan kelinci, bukan peternak yang berternak secara asal-asalan.
  4. Belilah kelinci ditempat peternakan. di sana kita bisa melihat secara langsung bagaimana pemeliharaannya, melihat induknya dan melihat kalendernya (riwayat hidupnya). Pilih kelinci yang memiliki kalender kelahiran.
  5. Dalam jarak yang jauh melalui kendaraan mobil, kardus sangat menyiksa; sebab kardus menimbulkan panas dan sumpek.

Itulah sedikit tips bagaimana cara kita memelihara kelinci serta kebutuhan apa yang harus kita penuhi kalau mau memelihara atau beternak kelinci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s