Mengobati Jerawat dengan Lidah Buaya

Mengobati Jerawat dengan Lidah Buaya

Mengobati Jerawat dengan Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal dengan lidah buaya, tanaman yang manfaatnya sudah tak diragukan lagi untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, sekarang ini banyak industri kecantikan yang menggunakan lidah buaya ini sebagai bahan bakunya.

Mengobati Jerawat dengan Lidah BuayaJerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,”Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri

Komedo termasuk kedalam salah satu jenis jerawat yang menjadi masalah rutin dan kerap menimpa manusia. Jerawat dan komedo bisa diatasi oleh lidah buaya, caranya pun cukup sederhana hanya dengan mengupas lidah buaya dan ambil intinya yang berupa lendir tersebut. Caranya dengan membasuhkan lendir lidah buaya ke area komedo.

Mengobati Jerawat dengan Lidah Buaya - fotoMengobati jerawat dengan lidah buaya, Lidah buaya pun berkhasiat menghaluskan dan mempercepat proses penyembuhan kulit. Selain untuk penyembuhan, lidah buaya juga dapat memberikan kesegaran pada wajah caranya ambil lidah buaya secukupnya, kemudian belah dan ambil getahnya atau lendir yang terdapat di dalamnya. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat kurang lebih selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. lakukan cara ini 1 kali sehari.

Tentunya obat jerawat bukan hanya dengan lidah buaya saja, melainkan pola hidup yang sehat adalah inti untuk mengusir jerawat. Diantaranya adalah dengan :

1. Minum air secukupnya.
2. Menjauhi stres dan selalu santai.
3. Makan sayuran dan buah-buahan supaya buang air besar lebih lancar.
4. Cuci muka dengan air bersih (pakailah air mineral), karena bisa jadi air leding di rumah mengandung kadar besi yang terlalu tinggi.
5. Rutin mencuci handuk, helm, dan bantal.
6. Jangan memencet paksa, kecuali oleh alat yang tepat.
7. Cuci muka dengan sabun khusus cukup 2 kali sehari agar bisa mengurangi kelebihan minyak. Jangan terlalu sering karena justru bisa menghilangkan kelembaban yang dibutuhkan oleh kulit.
8. Hindari makanan mengandung yodium dan gula, kopi, dan juga minuman berkarbonisasi.
9. Rajin berolahraga secukupnya, namun jangan berlebihan
10. Perawatan wajah secara rutin setiap 2 minggu sekali akan mempercepat penyembuhan jerawat. Pakailah produk yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan. Keliru memilih produk perawatan wajah dapat memperparah masalah.
11. Cara lainnya juga bisa dilakukan dengan bahan-bahan herbal. Jintan hitam dan madu sangat baik untuk dikonsumsi.
12. Bersihkan tangan anda sebelum menyentuh wajah, karena ada berbagai macam bakteri yang menempel di tangan akibat aktivitas sehari-hari

One thought on “Mengobati Jerawat dengan Lidah Buaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s