Manfaat Butterfly pea (kembang telang) untuk Kesehatan


Manfaat Butterfly pea untuk kesehatan

Mungkin semua orang pernah melihat kembang satu ini, warnanya yang khas sering tumbuh dipagar-pagar rumah. Bagi sebagian orang yang belum tahu manfaatnya dianggap sebagai tanaman pengganggu. Tapi, tahukah kalau kembang telang atau butterfly pea ini banyak manfaatnya untuk manusia?

Tanaman ini bernama kembang/bunga telang atau Clitoria ternatea atau butterfly pea, blue pea, Cordofan pea, Asian pigeonwings. Termasuk ke dalam keluarga Fabaceae (polong-polongan) atau biasa disebut dengan tanaman legum. Suku polong-polongan merupakan salah satu suku tumbuhan dikotil (tumbuhan dengan biji berkeping dua) yang terpenting dan terbesar, sehingga banyak di budidayakan.

Hampir seluruh bagian tanaman ini bisa dimanfaatkan bagi kepentingan manusia termasuk biji, buah, bunga, kulit kayu, batang, umbi, daun dan akarnya. Digunakan juga sebagai bahan makanan, minuman, bumbu masak, zat pewarna, pupuk hijau, pakan ternak, bahan pengobatan, hingga racun yang dihasilkan oleh beberapa anggotanya. Semua tumbuhan anggota suku ini memiliki satu kesamaan yang jelas yaitu buahnya berupa polong.

bunga_telang_butterfly pea
Manfaat Kembang Telang atau butterfly pea untuk pencuci perut

Kembang telang atau butterfly pea telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Sejak dulu tanaman ini sering dipergunakan sebagai tanaman hias untuk bunganya yang indah. Karena tanaman ini bersifat menjalar, cara terbaik untuk menumbuhkannya adalah dengan menanamnya disisi pagar, dimana kembang telang akan melilit sendiri disana.

Di Malaysia, ekstrak bunganya yang berwarna biru seringkali dipergunakan untuk memberikan warna pada kue ketan, dikenal dengan nama pulut tai tai dalam kuliner Nyonya/Peranakan. Di Kelantan, negara bagian Malaysia, nasi putih yang diberi warna kembang telang atau butterfly pea dikenal dengan nama nasi kerabu. Jika anda sering berselancar ria di web atau food blog dari negeri Jiran, Malaysia maka aneka resep nasi kerabu banyak ditampilkan disana.

Tahukah kalau kembang telang juga bermanfaat untuk pencuci perut, caranya adalah dengan akar kembang telang atau butterfly pea secukupnya. Kemudian akar dibersihkan, lalu direbus. Air rebusan diminum selagi masih hangat. Selain akar bisa juga dengan biji dari kembang telang atau butterfly pea tersebut. Maka kita siapkan Biji 1-2 biji, kemudian Biji dihancurkan kemudian serbuknya ditelan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s