Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan

manfaat lidah buaya Aloe vera

Manfaat Lidah Buaya

Lidah Buaya atau yang biasa disebut Aloe vera (Latin: Aloe barbadensis Milleer) merupakan sejenis tanaman berduri yang berasal dari daerah kering di benua Afrika. Tamanan Lidah Buaya ini telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena khasiat dan manfaatnya yang luar biasa.

manfaat lidah buaya Aloe veraFakta sejarah yang ada menyebutkan bahwa Bangsa Mesir kuno telah mengetahui manfaat lidah buaya sebagai tanaman kesehatan sejak tahun 1500 SM. Karena manfaat lidah buaya yang begitu luar biasa, bangsa Mesir kuno menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Artikel lain yang bermanfaat : Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Tidak hanya itu, seorang dokter dari zaman Yunani kuno yang bernama Dioscordes, menyebutkan jika salah satu manfaat lidah buaya yakni memiliki khasiat untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Misalnya radang tenggorokan, bisul, rambut rontok, wasir, dan kulit memar, pecah-pecah serta lecet.

Tanaman Lidah Buaya memiliki beragam jenis. Setidaknya ada sekitar 200 jenis Tanaman Lidah Buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera barbadensis Miller.

Aloevera barbadensis Miller . Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Salah satu manfaat dari lidah buaya adalah untuk mengatasi sakit kepala, pusing, sembelit, kejang pada anak, kurang gizi, batuk rejang, muntah darah, kencing manis, dan haid.

Caranya pertama kita siapkan 200 gram daun segar lidah buaya kemudian dicuci sampai bersih. Setelah dirasa bersih tahap kedua adalah kulit lidah buaya dikupas lalu direbus dengan menambahkan 3 gelas air selama 15 menit. Setelah 15 menit berakhihr air rebusan dari lidah buaya tersebut didinginkan terlebih dahulu. Setelah dingin diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan malam untuk proses penyembuhan juga sebagai proses pencegahan.

Baca juga manfaat lidah buaya untuk menghilangkan jerawat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s