Bunga Telang untuk Menghitamkan Rambut

manfaat kembang telang / Clitoria ternatea/ Clitoria ternatea

Bunga telang atau kembang telang mempunyai ciri merambat, menjalar dengan bantuan media lain yang berada didekatnya dengan mencapai panjang atau ketinggian hingga sekitar 6m. Mempunyai warna bunga biru sangat terang dan juga bentuknya bulat telur dengan lebar sekitar 2-3cm.

Kandungan zat senyawa kimia alami kembang telang terdiri dari Antosianin, Aparajitim, Arabinos, Asam amino, Asam linoleat, Asam stearik beta-sitosterol, Flavonoid, Kaempfirol, Klitorin, Lakton, Lisin, Oligosakarida, Protein, Ramnos, Tematin, dan juga Xilos. Senyawa tersebut terbukti ampuh untuk mengatasi kendala dan menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Di Thailand, kembang telang juga dikenal minuman sirup berwarna biru yang terbuat dari ekstrak bunga telang bernama nam dok anchan. Beberapa tetes air jeruk nipis terkadang ditambahkan ke dalam minuman tersebut dan merubah warnanya menjadi pink keunguan. Di kuliner Burma dan Thailand, terkadang bunga telang dicelupkan ke dalam adonan tepung dan digoreng hingga garing, menjadikannya camilan yang istimewa.
Selain kemampuan pewarnanya yang legendaris, tanaman ini ternyata memiliki manfaat lainnya.

manfaat bunga telang
manfaat bunga telang untuk menghitamkan rambut

Dalam tradisi pengobatan Ayurveda/Ayuverdic – Metode pengobatan dan kesehatan kuno yang telah dipraktekkan di India selama 5000 tahun. Berasal dari dalam bahasa Sansekerta, ayur berarti kehidupan dan veda yang berarti pengetahuan – maka kembang telang merupakan salah satu komponen dalam empat rempah tadisional yang digunakan sebagai shankhpushpi (pengobatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan syaraf/neurologi). Berfungsi untuk meningkatkan daya ingat, anti-stress, anti-depressant, dan obat penenang. Beberapa mengatakan bahwa kembang telang juga mampu menjaga kesehatan hati dan sirkulasi lipoprotein

Bagian akar, daun dan batangnya lah yang sering dipergunakan di dalam pengobatan Ayurveda, tetapi dengan tujuan yang berbeda-beda. Akar kembang telang lebih sering digunakan secara luas dan memiliki rasa yang pahit, memberikan efek pendingin, pencahar, tonik dan biasanya digunakan untuk pengobatan dementia, bronkitis, TBC paru, asma, peradangan, deman dan rasa terbakar.

Salah satu manfaat dari kembang telang adalah obat untuk menghitamkan rambut yaitu dengan cara ambil beberapa bunga telang, kemudian dihancurkan,setelah itu diusapkan pada rambut sampai merata. Biarkan beberapa menit. Setelah itu, bilas rambut dengan sampo.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s