Manfaat Tanaman Kumis Kucing Bagi Kesehatan

Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi kesehatan

Manfaat Tanaman Kumis Kucing

Tahukah kamu tentang manfaat tanaman kumis kucing atau dalam bahasa latinnya sering disebut Orthosiphon aristatus? Tanaman ini sering ditemukan di pedesaan, sering di buat sayur sayuran mainan oleh anak anak saat bermain masak masakan.

Manfaat Tanaman Kumis Kucing bagi kesehatanManfaat tanaman kumis kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti: kidney tea plants/java tea (Inggris), giri-giri marah (Sumatera), remujung (Jawa Tengah dan Jawa Timur) dan songot koneng (Madura). Tanaman Kumis kucing berasal dari wilayah Afrika tropis, kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia.

Ciri-ciri Kumis kucing :

  1. Berbatang basah dan tegak
  2. Bagian bawah berakar tunggang
  3. Daun bundar / lonjong, panjangnya sekitar 1 s/d 10 cm.
  4. Tangkai bulat berwarna ungu kehijauan
  5. Posisi daun pada batang berselang seling
  6. Tulang daun bercabang- cabang
  7. Mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan
  8. Benang sari mencuat keluar mirip dengan kumis kucing
  9. Panjang tangkai daun 7 s/d 29 cm
  10. Mahkota berupa tandan dengan panjang 7 hingga 29 cm
  11. Biji yang masih muda berwarna putih kehitaman, sedangkan yang sudah tua berwarna coklat kehitaman.

Berbagai penyakit pun sesungguhnya dapat diobati dengan khasiat tanaman herbal yang satu ini. manfaat tanaman kumis kucing untuk penyakit dikenal dapat menyembuhkan masuk angin, sakit pinggang, diabetes, hingga batu ginjal. Air rebusan daun kumis kucing senantiasa dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit-penyakit ini.

Pada penyakit batu ginjal misalnya, dibutuhkan racikan khusus yang dicampur dengan daun kumis kucing. Racikan tersebut membutuhkan antara lain daun keji beling, daun ngokilo, serta daun kumis kucing dalam takaran 25 gr yang direbus bersama-sama. Air rebusan ini sebaiknya direbus dalam takaran 4 gelas, dan dosis konsumsinya adalah dengan menghabiskannya dalam sehari (pagi, siang, sore, dan malam).

Apabila ingin meracik ramuan herbal dengan tanaman kumis kucing, gunakan tanaman Manfaat Tanaman Kumis Kucingkumis kucing sesuai dengan anjuran. Biasanya, ada racikan-racikan tertentu yang membutuhkan tanaman kumis kucing yang kering, maupun yang masih segar. Begitu pula dengan dosis untuk mengonsumsi obat dari tanaman ini, karena tidak dianjurkan mengkonsumsinya terlalu banyak maupun terlalu sedikit.

Manfaat tanaman kumis kucing bagi kesehatan ini dapat dirasakan khususnya untuk penyakit-penyakit dalam. Tak hanya penyakit yang telah disebutkan sebelumnya, ia pun sanggup menjaga tekanan darah, membersihkan ginjal, rematik, dan asam urat.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s