Manfaat Dibalik Pedasnya Cabe Rawit, Khasiat tanaman obat Indonesia.


Manfaat Dibalik Pedasnya Cabe Rawit

Setiap diantara kita pasti pernah memakan makanan pedas, atau memakan langsung cabe rawit yang dipadukan dengan tahu goreng atau gorengan yang lain. Bagaimana rasanya? Rasa panas pada lidah dan perut mulai muncul. Apakah diantara ada yang tahu Manfaat Dibalik Pedasnya Cabe Rawit bagi Tubuh?

Manfaat Dibalik Pedasnya Cabe Rawit - 2Ternyata Cabai rawit mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Menurut Dokter Khursheed Jeejeebhoy. Ahli penyakit dalam dari University of Toronto ini menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur untuk meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Menurutnya, mengkonsumsi makanan pedas secara tidak berlebihan sangat baik bagi kesehatan dan mengurangi risiko kanker itulah manfaat dibalik pedasnya cabe rawit bagi tubuh.

Di dalam cabe rawit ditemukan kandungan capsaicin yang menimbulkan rasa pedas, capsaicin ini dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Jadi tidak heran mengapa beberapa kasus kanker di Meksiko dan India, yang masyarakatnya banyak mengonsumsi makanan pedas, lebih sedikit dibandingkan negara-negara Barat, yang masyarakatnya cenderung tidak suka makanan pedas.

Manfaat dibalik pedasnya cabe rawit bagi tubuh. Didalam cabe rawit pun bukan hanya terdapat zat capsaicin tapi terdapat Vitamin C, betakaroten, provitamin A. Cabe rawit juga mengandung mineral, terutama fosfor dan kalsium. Bahkan kandungannya melebihi mineral pada ikan segar. Meski dalam hal vitamin C, cabai hijau mengungguli cabe rawit.

Manfaat dibalik pedasnya cabe rawit bagi tubuh yang pertama adalah dapat menurunkan demam. Daun pohon cabe dapat digunakan. Masyarakat di pedesaan biasa menggunakan Manfaat Dibalik Pedasnya Cabe Rawit- 1daun cabe rawit untuk menurunkan demam. Caranya ambil segenggam daun cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan 1 sendok minyak selada dan campurkan kedua bahan ini sampai rata. Setelah itu tempelkan ramuan pada ubun-ubun atau dibalurkan pada seluruh badan. Selimuti badan penderita dengan selimut yang tebal. Tak berapa lama, badan akan mengeluarkan keringat, sehingga panas badan akan menurun dengan cepat.

Selain untuk meredakan demam pada badan, manfaat dari cabe rawit adalah untuk luka usus, yang dikarenakan pergerakan peristaltik saat menjalankan proses pencernaan, sehingga cabe akan memberikan manfaat kepada kesehatan pencernaan, dan membantu menyembuhkan berbagai masalah pada usus. Untuk mencegah tekanan darah tinggi, meredakan sakit tenggorokan, membantu meringankan rasa nyeri, juga membantu jantung untuk tetap sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s