Keistimewaan Kembang kertas (Bougainvillea), salah satu koleksi Sentulfresh

kembang kertas ungu

Keistimewaan Kembang Kertas

Kembang kertas adalah salah satu kembang yang sering dijumpai, baik di pusat perkotaan atau dijalan-jalan. Kembang satu ini mempunyaI beraneka ragam warna, mulai dari merah jambu, merah menyala, merah pucat, ungu, kuning, putih, dan berbagai campuran warna lainnya.

kembang kertas indah dipandangTanaman yang umumnya dikenal dengan nama Bougenvil ini, termasuk salah satu tanaman hias yang populer karena warna bunganya yang cerah dan indah. Kembang kertas ini berasal dari Amerika Selatan dan biasanya sering ditanam di kawasan perumahan. Bentuk bunganya yang tipis seperti kertas menjadi alasan mengapa tanaman ini disebut dengan Kembang kertas.

Merawat bunga ini terbilang mudah karena tidak memerlukan perawatan berlebih. Selain itu, Kembang kertas sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti di Indonesia.

Tanaman ini memiliki batang yang keras, berduri, dan memiliki banyak cabang. Ciri lainnya ialah bersulur rapat dan berdaun lebar. Warna bunganya sendiri beraneka ragam mulai dari merah jambu, merah menyala, merah pucat, ungu, kuning, putih, dan berbagai campuran warna lainnya.

Masyarakat kita yang cenderung menyukai keindahan, rupanya telah banyak yang membudidayakan tanaman indah ini. Selain karena keindahan yang dimilikinya, ternyata khasiat yang dihasilkan tanaman inilah yang menjadikan tanaman ini begitu banyak dibudidayakan.

Salah satu manfaatnya adalah untuk mengobati sakit bisul, Meskipun tidak membahayakan jiwa, bisul bisa sangat mengganggu sekaligus memalukan.

Penyakit bisul dapat dikenali dari cirinya yang berupa benjolan berwarna merah pada kulit dan terasa nyeri. Bisul dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Namun, umumnya bisul sering muncul pada bagian ketiak, punggung, dan tengkuk.

Yang harus diperhatikan ialah bila Anda terserang bisul secara berkali-kali karena ada kemungkinan infeksinya disebabkan oleh penyakit lain. Jika sudah begitu, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter.

Jika bisul bersifat ringan, salep bisa digunakan untuk mengatasinya. Selain itu, bisul juga bisa diobati dengan tanaman herbal seperti Kembang kertas.

Untuk pengobatan bisul, Anda cukup membuat ramuan dengan cara menggiling tanaman Kembang kertas ini sampai halus. Kemudian, bubuhkan pada bagian kulit yang terkena bisul.

Diamkan beberapa saat sampai ramuannya mengering. Setelah itu, ramuan pada kulit bisa dibersihkan. Lakukanlah secara rutin sampai bisul benar-benar mengering dan akhirnya sembuh.

Mudah bukan? Kalau bisa mengobati bisul dengan cara mudah dan murah, mengapa harus kembang kertas ungumemilih cara pengobatan yang mahal dan ribet.

Kehadiran Kembang kertas untuk mengobati bisul bisa Anda terapkan sebagai salah satu jenis pengobatan alternatif dengan konsep herbal.

Selai bermanfaat untuk menyembuhkan bisul, kembang kertaspun bisa mengobati biang keringat dan gatal gatal, nyeri sakit haid juga keputihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s