Jenis Rumput Untuk Pakan Kelinci

legetan , Jenis rumput untuk pakan kelinci

 Jenis Rumput Untuk Pakan Kelinci

  1. Legetan (Synedrella Nodiflora)

Jenis rumput untuk pakan kelinci ini sangat banyak didapatkan di kebun tegalan. Orang jawa menggolongkan rumput ini sebagai wedusan sebagaimana jenis rumput bandotan dan sintrong. Nama lain yang di kenal legetan adalah gondang-gandung. Situs warintek.go.id , menyebut daun dan batangnya mengandung saporin dan polifenol.

JJenis rumput untuk pakan kelinci : legetan
legetan

Rumput ini memiliki khasiat obat sakit perut, obat gosok dan rematik. Departemen of Animal Nutrition, Can Tho University, Viet Nam yang telah meriset rumput ini mengatakan, legetan memiliki serat yang di cerna dan tidak dicerna secara seimbang sehingga sangat cocok untuk makanan babi dan kelinci sebagai campuran.

Pada kelinci rumput ini sangat enak dan disukai sebagaimana rumput sintrong dan bandotan. Legetan memiliki tiga alasan sebagai pakan terbaik untuk kelinci. 1). Kandungan serat dicerna dan tidak dicernanya sangat cocok buat kelinci. 2). Sekalipun untuk pertumbuhan pesat tidak bisa mengandalkan rumput ini, tetapi rumput ini memiliki nilai lebih manakala dibandingkan dengan kelinci yang tidak pernah mengonsumsi. Pada kelinci yang rutin diberikan ketiga rumput setiap hari tidak banyak dijumpai masalah air kencing, ginjal dan gigi juga pencernaan. 3). Aman dimakan kelinci muda yang masih menyusui sebagai pemasok gizi dan membentuk pertumbuhan gigi secara baik.

  1. Sintrong (Crassocephalum crepidioides (Benth)).

Jenis rumput untuk pakan kelinci : sintrong
sintrong

Jenis rumput untuk pakan kelinci adalah Sintrong.  Sintrong  adalah rumput yang identik disebut sayuran karena selain bisa dimakan domba dan kelinci, juga sering dijadikan makanan manusia sebagai makanan urap. Rumput ini tumbuh liar sebagaimana bandotan dan jenis yang lain. Untuk kelinci para petani sudah tahu bahwa inilah salah satu rumput yang layak dimaka kelinci.

Karena kadar air dan getahnya yang cukup banyak, para petani memilih melayukan beberapa jam sebelum pemberian. Spesies tanaman yang disebut Crassocephalum crepidioides ini oleh The Guardian 13 Agustus 2009 lalu dikatakan memiliki manfaat efektif dalam pengobatan untuk gangguan pencernaan, sakit perut, sakit kepala, dan untuk menghentikan pendarahan idung.

  1. Bandotan (Ageratum conyzoides L).

Jenis rumput untuk pakan kelinci : bandotan
bandotan

Jenis rumput untuk pakan kelinci  (hijauan) ini di kenal banyak untuk pengobatan di berbagai negara. Pada kelinci juga sering diberikan. Tetapi sayangnya rumput yang mengandung banyak manfaat bagi pengobatan ini kurang begitu disukai kelinci jika diberikan dalam jumlah yang banyak.

Bandotan adalah jenis rumput untuk pakan kelinci yang bisa dimakan kelinci sebagai salah satu komponen rumput campuran dalam jumlah sedikit saja. Jika bandotan diberikan sebagai pakan utama, misalnya satu paket tanpa menyertai jenis rumput lain kelinci tidak akan bernafsu makannya karena memiliki rasa pahit.

Sentra IPTEK misalnya menyebutkan daun ini memiliki kompisi sebagai herba yang mengandung asam amino, organacid, pectic substance, minyak asiri kumarin, ageratochromene, friedelin, B-sitosterol, stigmasterol, tanin, sulfur, dan potassium chlorida. Akar bandotan mengandung minyak astiri, alkaloid, dan kumarin.

One thought on “Jenis Rumput Untuk Pakan Kelinci

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s