Apa Penyebab Rasa Nyeri di Tubuh Kita


Apa Penyebab Rasa Nyeri di Tubuh Kita

Anda tentu telah menyadari bahwa rasa nyeri di tubuh sangat berbeda dari sensasi yang lain seperti sentuhan atau suara, karena rasa nyeri itu menyakitkan.

rasa nyeri di tubuh
sumber: buletinsehat.com

Mengapa? Rasa nyeri di tubuh adalah cara alami untuk membuat anda waspada bahwa sesuatu yang salah sedang terjadi didalam tubuh. Rasa nyeri melibatkan proses yang lebih rumit dbandingkan dengan melihat, mendengar dan menyentuh, karena rasa nyeri memiliki mekanisme kerja tersendiri.

Ketika rasa nyeri di tubuh itu terus berlanjut dan terjadi kerusakan dalam jaringan, rasa nyeri tersebut akan semakin memburuk sepanjang waktu. Rasa nyeri ini bahkan mengubah cara anda merasakannya dalam otak and dan mengubah cara ekspresi DNA.

Mari kita tinjau mekanisme kerja dari rasa nyeri. Seperti gigitan nyamuk yang mendorong kita untuk menggaruk bagan yang gatal (rasa gatal mirip dengan rasa nyeri ringan dan merupakan petunjuk adanya gangguan tanpa disertai dengan bunyi alarm yang nyaring, dan akan menjadi lebih parah jika anda tidak langsung mengatasinya).

Rasa nyeri di tubuh merupakan  perilaku dan respon biologis yang sangat berguna. Anda menyadari rasa nyeri ketika harus berurusan dengan nyeri fisik. Sebagi contoh ketika seseorang menjatuhkan palu tepat pada kaki anda, dampaknya menyebabkan beberapa ujung saraf pada kaki menghasilkan impuls-impuls listrik.

Sinyal impuls ini dengan segera membuat otot anda berkontraksi serta membuat anda menggerakkan kaki sejauh dan secepat mungkin, dan kemudian mungkin anda akan menggeliat kesakitan. Rasa nyeri tersebut akan mengingatkan diri anda untuk segera mungkin menjauh jika ada serangan palu berikutnya.

Kita akan menganggap rasa takut sebagai rasa nyeri yang melekat pada ingatan. Ingatan tersebut akan bekerja dengan cepat dan melibatkan alam bawah sadar untuk membantu kita menghindari situasi serupa dimasa depan.

Tubuh anda merasakan sensasi nyeri pada dua set ujung saraf pada kulit yang mengirimkan rasa nyeri. Ujung saraf yang lambat tanpa

rasa nyeri di tubuh
sumber: terapijantung.com

selubung mielin menimbulkan sensasi terbakar atau nyeri yang hebat. Sementara ujung saraf yang cepat dengan selubung mielin (selubung ini mempercepat pengiriman sensasi rasa nyeri di tubuh pada sumsum tulang belakang dan otak sehingga anda dapat bereaksi lebih cepat) memberi peringatan kepada anda bahwa tangan anda menyentuh sisi pemanggang atau siku anda membentur kenop pintu. Sensasi ini terjadi terutama dibagian kulit, tetapi hampir semua jaringan mengalaminya (seperti di bagian esofagus/kerongkongan).

Tubuh bereaksi dari rasa nyeri melalui satu dari dua mekanisme. Ketika anda meletakkan es di pergelangan kaki yang terkilir, awalnya anda akan merasa dingin, tapi lama-kelamaan anda akan merasa terbiasa. Sebgian rasa nyeri memiliki mekanisme serupa. Rasa nyeri menyebabkan sel-sel anda memproduksi lebih banyak neurottransmitter dan atau lebih banyak reseptor sehingga anda bisa lebih menahan rasa nyeri yang datang selanjutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s