Tips Perawatan Rambut Sempurna


 Tips Perawatan Rambut Sempurna

Tips Perawatan Rambut SempurnaSudah menjadi rahasia umum bahwa rambut anda yang tumbuh di kulit kepala, dagu, atau punggung akan memengaruhi penampilan dan penilaian orang lain terhadap anda. Maka kita akan membagi ilmu kepada anda cara memperoleh rambut idaman dan cara meminimalisir kerusakan.

Tips Perawatan Rambut Sempurna:

1. Sampo
Sebelum mandi, sisirlah rambut anda dengan lembut menggunakan sisir atau jari tangan anda. Supaya tidak kusut dan untuk menghilangkan residu. Saat berkeramas perlakukan rambut dengan lembut seperti layaknya kain sutra. Biarkan rambut terurai dan berikan pijatan lembut dengan sampo mulai dari akar hingga ujung rambut. Jangan menuangkan sampo hanya dibagian atas kepala saja.

2. Conditioner
Conditioner akan menjadikan rambut berkilau, mempertahankan rambut tetap sehat, memberikan kelembutan dan melindung rambut dari kerusakan. Untuk meletakan rambut gunakan conditioner hanya di bagian tengah hingga ujung rambut, karena bagian tersebut sangat rentan terhadap kerusakan. Untuk membuat rambut anda berkilau, gunakan conditioner mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Lakukanlah setiap kali anda berkeramas, dan lebih sering jika anda menginginkannya.

3. Pengering rambut
Jangan menggosok rambut dengan handuk atau memilinnya keras. Ketika anda mengeringkan rambut. Rambut yang basah sangat rapuh dan mudah patah. Oleh karena itu tepuk-tepuk rambut dengan lembut kemudian peras dengan handuk atau gunakanlah handuk superabsorben yang dijual disalon-salon. Sisir yang bergigi lebar merupakan alat yang paling baik untuk menguraikan rambut yang kusut dan meratakan gel rambut ketika rambut basah. Gunakanlah alat pengering rambut pada suhu rendah.

Mengatasi masalah rambut

Tips Perawatan Rambut Sempurna 1Sebagian besar orang sering kali bahkan mungkin tidak menyadari merusak rambut mereka selama proses perawatan dan penataan. Beberapa dari mereka mungkin belum tahu bagaimana tips perawatan rambut sempurna.  Berikut ini beberapa perusak rambut yang utama.

1. Menyisir secara berlebihan
Menyisir dan menyikat secara berlebihan, terutama rambut yang basah akan menyebabkan kutikula yang rapuh akan terangkat dan pada kasus yang ekstrem akan terkelupas. Lupakan aturan menyisir 100 kali dalam satu malam. Tujuan menyisir adalah memindahkan minyak dari kulit kepala kebagian rambut agar semakin berkilau. Tetapi, apabila anda menyisir dengan agresif ketika rambut dalam kondisi basah, rambut akan menjadi rusak

2. Alat yang salah.
Menggnakan sisir atau sikat rambut yang tidak tepat terutama pada rambut yang rapuh dan rambut yang mendapatkan perawatan secara kimia, dapat menghilangkan hampir seluruh lapisan kutikula. Sehingga menyebabkan rambut semakin berpori akibatnya rambut menjadi kering dan rapuh. Serta rambut menjadi kusam tidak berkilau. Maka gunakanlah sisir yang bergigi lebar untuk menghindari hal-hal tersebut.

3. Menyasak rambut
Menyasak rambut adalah cara menyisir untuk membuat rambut menjadi terlihat lebih tebal atau volume rambut menjadi lebih besar daripada ukuran rambut sebenarnya. Caranya dengan menyisir rambut menuju ke arah kulit kepala dan dilakukan secara berulang-ulang. Menyisir dan menata rambut dengan arah yang berawanan ini sangat berbahaya, karena cara ini secara berulang ulang menyentak dan menarik rambut kearah yangvberlawanan dengan lapisan kutikula, sehingga lapisan tersebut menjadi terlepas akibatnya korteks bagian dalam menjadi tidak terlindungi.

4. Alat pemanas rambut
Penggunaan alat pemanas rambut pada suhu tinggi akan membuat rambut yang basah kepanasan dan membentuk bentol-bentol kecil permanen pada kulit kepala. sehinga membuat batang rambut menjadi rapuh, dan merupakan awal terjadinya kerusakan rambut. Jangan menggunakan alat pemanas rambut dari bahan keramik pada rambut basah. Jika memungkinkan, jangan mengeringkan rambut dengan alat pengering.

5. Ujung rambut bercabang
Rambut bercabang terjadi ketika lapisan kutikula rambut menghilang atau mengalami kerusakan parah karena pengaruh cuaca, yang menyebabkan batang rambut menjadi robek seperti benang rajut. hembusan angin dapat membuat rambut mejadi kusut dan sulit disisir, hingga akhirnya menyebabkan ujung rambut menjadi bercabang.

6. Rambut kusam
Kerusakan lingkungan serta bermunculnya berbagai produk penata rambut ikut berperan terhadap kekeringan dan kekusaman rambut. Solusinya adalah gunakanlah sampo yang lembut untuk menghilangkan residu. Tetapi, berhati hatilah untuk tidak menggunakannya secara berlebihan sehingga bisa menghilangkan minyak alami yang dibutuhkan rambut anda. Dengan menggunakan konditioner selamam 10 menit, akan memberikan kelembutan serta kemilau pada rambut.

7. Rambut berminyak.
Solusinya adalah ketika anda berkeramas pijatlah rambut anda mulai dari akar sampai bagian ujung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s