Field Trip TK Dan SD

Wisata Edukatif MI YAPIRI" naik pedet

Field Trip TK Dan SD

Mengartikan kata sekolah yang terbayang di benak adalah melakukan proses belajar mengajar di dalam ruang kelas. Sama halnya mengartikan belajar di dalam kelas. Padahal kegiatan belajar mengajar itu tidak semestinya di lakukan hanya di dalam kelas saja, karena apabila terus terpaku di dalam kelas akan ada rasa bosan dan jenuh pada peserta anak didik. Sesekali biasanya anak didik di ajak untuk pergi ke sekeliling sekolah untuk melakukan penelitian yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

field trip tkDalam hal ini sekolah-sekolah menerapkan metode field trip atau karya wisata untuk anak-anak supaya tak jenuh dan bosan selalu ada di lingkup sekolah. Field trip adalah perjalanan yang dilakukan oleh peserta didik untuk memperoleh pengalaman belajar, terutama pengalaman secara langsung dan biasanya merupakan bagian integral dari kurikulum sekolah. Acara seperti biasanya sering dilakukan oleh anak-anak TK atau field trip TK, tak menutup kemungkinan dilakukan oleh anak SD, SLTP juga SLTA.

Menurut salah satu ahli, mengartikan tujuan dari field trip itu sebagai berikut:
1. Siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dari obyek yang dilihatnya
2. Siswa dapat turut menghayati tugas pekerjaan milik seseorang
3. Mereka dapat bertanya jawab, sehingga mampu memecahkan persoalan yang dihadapinya dalam pelajaran ataupun pengetahuan umum.
4. Mereka bisa melihat, mendengar, merasakan, meneliti dan mencoba apa yang dihadapinya agar nantinya dapat mengambil kesimpulan, dan sekaligus dalam waktu yang sama mempelajari beberapa mata pelajaran.

Dengan melakukan karya wisata atau field trip banyak hal yang akan diperoleh oleh peserta didik dalam kegiatan pembelajaran, yaitu sebagai berikut:
1. Peserta didik memperoleh pengetahuan baru mengenai materi yang dipelajari dengan tanpa berlama-lama tinggal di ruang kelas sehingga mereka tidak cepat merasa jenuh dan bosan.
2. Peserta didik mampu menganalisa penerapan materi dalam kehidupan di sekitar mereka
3. Peserta didik mampu mengembangkan suatu teori dengan melihat kenyaataan yang ada
4. Tanpa adanya paksaan mereka langsung termotivasi untuk terus belajar, karena dengan begitu mereka merasa terbebaskan untuk berkreasi.

Field trip TK dan SD di Sentulfresh
Kontak Person Wisata Edukasi

Masih banyak manfaat dari acara field trip Tk atau tingkat SD sampai tingkat menengah pertama dan atas. Karena mengikutsertakan anak untuk lebih mengenal lebih dekat lingkungannya lebih baik daripada hanya belajar di dalam ruangan saja.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s