Rahasia Kulit dari Kacamata Islam

rahasia kulit

Rahasia Kulit dari Kacamata Islam

Mengapa orang lebih suka mengoleksi kupu-kupu daripada ngengat? Warna sayap ngengat berasal dari sisik yang selalu mengelupas, sehingga warna sayap ngengat akan pudar jika ngengat itu mati, seperti halnya manusia. Sedangkan warna sayap kupu-kupu tidak pernah pudar.

rahasia kulitKulit adalah organ yang kedalamnnya lebih daripada apa yang bisa kita sentuh dan lihat. Kulit adalah organ terberat dan terbesar dari tubuh anda, mencakup 15 persen berat badan dan menutupi 1,1 hingga 1,8 meter persegi luass permukaan tubuh. Komposisi kulit terdiri atas 70 persen air, 25 persen protein, dan kurang dari 5 persen lemak.

Fungsi kulit adalah melindungi dan membungkus. Kulit melindungi darah, organ tubuh dan tulang dari lingkungan luar. Kulit juga membungkus tubuh dengan rapih, supaya manusia tidak menjadi makhluk yang berupa gumpalan daging yang meninggalkan jejak darah atau sejumlah jaringan kemana pun mereka pergi.

Kulit lebih dari sekedar selubung anatomi bagi manusia.kulit juga membantu peyembuhan. Memberikan sentuhan lembut pada kulit dapat menurunkan kadar senyawa kimia penyebab stres, yaitu korstisol, dan meningkatkan senyawa oksitosin yang dapat menimbulkan perasaan senang. Menyentuh dengan cara khusus, seperti memijat dan mengurut (asal bukan dengan kekuatan tngan kanan seorang petinju) juga dapat meningkatkan aktivitas syaraf vagus, yang berfungsi meningkatkan kemampuan otak dalam memperbaiki kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Selain berfungsi sebagai pelindung dari jutaan senyawa kimia berbahaya dan kuman yang menyerang tubuh, kulit juga berperan sebagai alat sensor. Jauh di dalam kulit, folikel menumbuhkan rambut halus yang akan menerima rangsangan sesaat sebelum kulit anda disentuh. Sebagai contoh, bulu mata akan meningkatkan aktivitas kelopak mata (melalui hubungan syaraf yang luar biasa) supaya menutup dengan cept untuk melindungi kedua mata dari bahaya, bahkan sebelum anda menyadarinya. Dan dengan cepat anda akan mengibaskan tangan sebelum serangga menggigit.

Selain merangsang bulu kuduk sebagai pertanda bahaya, kulit juga melumasi dirinya dengan minyak yang disebut minyak kulit (sebum) yang dihasilkan oleh kelenjar sebacea , serta dapat menyerap senyawa-senyawa berbahaya, seperti toksin, yang dapat merugikan anda. Sinar ultraviolet dapat merusak kulit dengan menimbulkan radikal bebas yang berbahaya, dan juga sedikit banyak mengubah susunan DNA (dan lazimnya, bukan mengubahnya menjadi lebih baik).

Apa rahasia kulit yang lain? Fakta membuktikan kalau manusia mampu memproduksi 3,8 liter keringat hanya dalamrahasia kulit tangan 2 jam. Sehingga kita tidak perlu terengah-engah seperti anjing ( karena anjing tidak berkeringat). Dan tidak seperti anjing, sebagian besar manusia tidak merontokkan rambut yang lebat dan lembut, tetapi kita kehilangan 4,5 kilogrm kulit dalam setahun. Semuanya akan menjadi debu yang mengotori perabotan kita.

Sebagaimana pembahasan diatas tentang kulit maka kita pun bisa melihat dari beberapa hadits shahih yang menyarankan kita untuk merawat tubuh. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuha hadits yang diriwayatkan oelh Turmudzi dari Sa’ad Artinya: Sesungguhnya Allah itu baik menyukai yang baik, bersih menyuikai yang bersih, murah menyukai kemurahan, kedermawanan, maka bersihkanlah halaman/pekarangan dan janganlah kamu meniru orang yahudi.

Pada hadist lain Rasulullah saw bersabda : Mandi merupakan keharusan bagi setiap muslim dalam tujuh hari membersihkan rambut dan tubuhnya. (HR. Thabrani dari Ibnu Abbas) Sebagaimana yang di isyaratkan oleh Allah dalam firmanNYA, yang artinya: Jika diantara kamu yang sakit atau ada gangguan di kepala (lalu ia bercukur) maka wajib atasnya berfidyah, yaitu berpuasa, atau bersedekah atau berkorban. (QS. Al-Baqarah: 196)

Dalam ayat ini Allah membolehkan bagi orang yang sakit atau yang ada gangguan di kepalanya, seperti : kutu, atau rasa gatal dan lainnya maka bolehlah baginya untuk memotong rambutnya walaupun sedang dalam ihram, untuk menyingkirkan zat-zat yang menyebabkan penyakit dikepalanya.

Bertolak dari sini juga, banyak hadits-hadits shahih yang penuh berisi wasiat agar berbekam. Jadi, menahan zat-zat yang rusak didalam badan menjadi sebab utama timbulnya penyakit. Para dokter dan ulama menyebutkan seperti Ibnul Qayyim dan yang lainnya bahwa ada sepuluh hal yang jika ditahan bisa menimbulkan penyakit ganas. Yaitu darah, apabila tekanannya naik, mani jika telah memuncak (tak tersalurkan), air kencing, berak, kentut, muntah, bersin, mengantuk, lapa dan haus.  Demikian hebatnya rahasia kulit dalam tubuh manusia.

Kesimpulannya, kulit kita pun perlu untuk melakukan perawatan. Seperti membersihkan wajah saat setelah beraktivitas.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s