Jenis-Jenis Yoghurt Yang Beredar di Pasaran

jenis yoghurt

Yoghurt yang dijual di pasaran banyak jenis dan macamnya. Jenis Yoghurt mulai dari yang berwarna putih dan rasanya murni asam disebut yoghurt polos atau yoghurt dasar (plain yoghurt) hingga yoghurt yang telah ditambahkan berbagai bahan agar lebih diterima konsumen.

Selain itu, terdapat berbagai jenis yoghurt yang digolongkan berdasarkan bahan baku utama ataupun berdasarkan asal muasal yoghurt diproduksi. Secara umum terdapat berbagai jenis yoghurt yaitu sebagai berikut.

 

jenis yoghurt yang beredar di pasaran umum1. Yogurt Plain
Merupakan jenis yoghurt tanpa adanya gulanya, baik untuk penderita diabetes. Umumnya digunakan untuk masakan, misalnya kare, kue, dan lain sebagainya.

  1. Yogurt Fruit
    Merupakan jenis yoghurt yang mengandung gula karena ditambahkan aneka buah-buahan ke dalamnya.

  2. Yogurt Frozen
    Merupakan jenis yoghurt yang kaya akan mineral tidak tidak memiliki bakteri hidup di dalamnya.

  3. Yogurt Greek
    Merupakan yoghurt yang lebih halus permukaannya, kaya akan protein, rendah gula dan laktosa.

  4. Low Fat Yogurt dan Non Fat Yogurt
    Merupakan yoghurt yang terbuat dari dari skim/non skim milk.

  5. Yoghurt Dahi
    Yoghurt Dahi dari subkontinen India dikenal dengan rasanya yang unik. Istilah Inggris untuk yoghurt spesifik di Bangladesh, India, dan Pakistan adalah curd.

  6. Dadiah atau Dadih
    Merupakan jenis yoghurt tradisional dari Sumatera Barat yang dibuat dari susu kerbau. Dadiah difermentasi dalam tabung bambu.

  7. Yoghurt Labneh dari Lebanon
    Merupakan yoghurt yang telah dipadatkan yang digunakan untuk sandwich. Yoghurt ini kadang-kadang ditambahkan minyak olive, potongan mentimun, olive, dan berbagai macam herba hijau. Labneh dapat ditebalkan lagi dan digulung membentuk bola kemudian diawetkan dalam minyak olive, dan difermentasi dalam beberapa minggu.

  8. Yoghurt Bulgaria
    Merupakan yoghurt yang umumnya dikonsumsi apa adanya, populer karena rasa, aroma dan kualitasnya. Kualitas muncul dari Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus strain yang digunakan di Bulgaria dan Macedonia. Produsen yoghurt Bulgaria mengambil langkah untuk melindungi trademark yoghurt Bulgaria di Eropa dan untuk membedakannya dengan produk lain yang tidak mengandung bakteri hidup.

Baca artikel menarik lainnya:

  1. Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan
  2. Manfaat Yoghurt sebagai Masker Wajah
  3. Manfaat Yoghurt untuk Diet, Panduan bagi Wanita Melangsingkan Tubuh

Yoghurt Bulgaria dan Macedonia seringkali disaring dengan cara menggantungnya pada pakaian untuk beberapa jam untuk mengurangi kadar air. Hasil yoghurtnya lebih creamy, kaya dan lembut pada rasanya karena peningkatan lemak. Menggantungnya semalaman menghasilkan yoghurt yang terkonsentrasi mirip dengan keju krim. Yoghurt juga digunakan untuk menyiapkan salad susu Bulgaria.

  1. Lassi
    Lassi adalah semacam minuman berbasis yoghurt yang asal mulanya dari subkontinen India (seperti India, Pakistan dan Bangladesh), biasanya dibuat asin atau manis. Lassi asin biasanya diberi rasa cumin yang dibakar dalam tanah dan cile pepper; sedangkan rasa manis dengan rosewater, lemon, mangga atau jus buah lainnya.

Minuman berbasis yoghurt lainnya, minuman asin yang disebut ayran, populer di Azerbaijan,Turki, Bulgaria, Macedonia, Kazakhstan dan Kyrgystan. Dibuat dengan cara mencampur yoghurt dengan air dan menambah garam. Minuman sama yang dikenal di Armenia dan “Laban Ayran” di Syria. Minuman yang mirip, Doogh, populer di Timur Tengah antara Lebanon dan Iran; berbeda dari ayran karena menambah herb, biasanya mint, dan dikarbonisasi, biasanya dengan air seltzer.

Di AS, minuman berbasis yoghurt seringkali dijual dalam nama seperti “yoghurt smoothie” atau “drinkable yoghurt”.Minuman yoghurt yang populer di Kanada, Inggris, dan Irlandia, disebut Yop yang dijual di supermarket dan toko-toko tertentu.

jenis yoghurt: sentulfresh yang ada di pasaran11. Kefir
Kefir adalah minuman susu fermentasi berasal di Kaukasus. Beberapa peternakan Amerika menawarkan minuman yang disebut “kefir” untuk beberapa tahun dengan rasa buah tapi tanpa karbonisasi atau alkohol. Hingga 2002, bernama seperti “drinkable yoghurt” dan “yoghurt smoothie” telah diperkenalkan.

Namun biasanya kejir juga digolongkan terpisah dengan yoghurt.hal ini karena bakteri yang dimanfaatkan sedikit berbeda diantaranya Lactobacillus lactis dan Lactobacillus kefirgranum yang berperan dalam pembentukan asam laktat. Lactobacillus kefiranofaciens penyebab terjadinya penggumpalan sehingga kefir menjadi kental, Leuconostoc (jenis LAB dan khamir) pembentuk diasetil, dan Candida kefir sebagai pembentuk etanol dan CO2.

Selain itu, yogurt dapat dikategorikan menjadi bermacam-macam jenis yoghurt berdasarkan pada metode pembuatannya, yaitu :
1. Strained, metode yang digunakan di sini adalah dengan cara mengangkat air dadih dari susu.
2. Set yogurt, jenis yogurt yang memiliki tekstur lembut
3. Stirred, jenis yogurt yang ditambahkan jus atau potongan buah

Berdasarkan fiskositasnya, yoghurt dapat digolongkan dari yang kental hingga cair, yaitu.
1. Set Yoghurt
Bentuknya paling kental, mirip puding tahu atau custard. Proses fermentasi langsung dalam kemasannya. Setelah terbentuk yoghurt, tidak ditambahkan apa pun dan tidak diaduk-aduk. Umumnya adalah yoghurt tawar (plain).

  1. Stir Yoghurt
    Bentuknya agak encer karena setelah terbentuk yoghurt, ditambahkan bahan lain (misal pemanis, perasa, atau buah-buahan), kemudian diaduk, baru disimpan dalam kemasan, sehingga teksturnya lebih cair.

  2. Drink Yoghurt Bentuknya paling encer. Setelah terbentuk yoghurt kemudian dicairkan sehingga yoghurt jenis ini bisa langsung diminum.

Berdasarkan kandungan lemaknya, jenis yogurt dikategorikan adalam
1. Penuh lemak (6% -10% lemak)
2. Lemak sedang (3% – 5% lemak)
3. Rendah lemak (1% – 3% lemak)
4. Skimmed (0% lemak)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s