Hobi Menjadi Peluang Bisnis

hobi menjadi peluang bisnis

Hobi Menjadi peluang Bisnis

Dengan kondisi perekonomian yang semakin sulit, banyak orang berusaha mencari cara lain untuk dapat terus memenuhi kebutuhan hidup mereka. Salah satu cara yang populer adalah dengan mengencangkan tali pinggang atau berhemat. Namun alangkah jauh lebih baik apabila kita juga bisa memperbesar pendapatan melalui penghasilan tambahan. Memanfaatkan minat/hobi kita sebagai sumber pendapatan tambahan adalah salah satu caranya yang membuat hobi menjadi peluang bisnis.

Sebelum memanfaatkan hobi kita sebagai penghasilan tambahan, kita perlu tahu terlebih dulu beberapa aturan dasarnya, silakan simak:

Fokus pada hal yang kita sukaihobi menjadi peluang bisnis

Jangan sampai kita memilih sebuah hobi hanya dikarenakan menurut kita hobi itu berpeluang untuk menghasilkan uang, lalu kita berusaha menggelutinya dengan harapan uang semata. Seharusnya hobi ini kita lakukan karena kita memang mencintainya; pendapatan sampingan harusnya sekadar menjadi bonus saja.

Kreatif
Jika tertarik untuk menghasilkan uang dari hobi tapi tidak tahu harus mulai dari mana, berpikirlah secara kreatif. Keterampilan apa yang kita miliki tapi tidak dimiliki orang lain? Definisikan kata ”hobi” secara luas. Cari sesuatu yang bisa kita lakukan tapi sulit dilakukan oleh kebanyakan orang. Sesuatu yang membuat orang lain rela mengeluarkan uang untuk mendapatkannya.

Jangan memaksa

Hobi kita belum tentu akan membuat kita kaya. Menghasilkan uang dari hobi tidaklah sulit. Uang yang dihasilkan setidaknya masih bisa digunakan untuk membeli peralatan dan perlengkapan baru, atau agar kita tetap bisa melakukan hobi itu.

Yang menjadi sulit adalah jika kita mencoba mengubahnya menjadi bisnis. Beralih dari hobi ke bisnis itu butuh kerja keras dan harus ada keseimbangan; dan jika kita bisa mendapatkannya, kita bisa bersenang-senang dengan bonus tambahan yang dihasilkan.

hobi jadi peluang bisnis2Jangan meremehkan kemampuan diri sendiri

Ketika kita benar-benar mencintai sesuatu, kita bisa mengasah keterampilan dan wawasan kita yang sering kali kita abaikan.Misalnya, jika kita sangat menyukai fakta-fakta tentang Perang Dunia II, kita pasti akan mencari semua informasi yang berkaitan dengannya. Semua itu bukan sekadar pengetahuan biasa. Memang ada banyak orang yang tahu mengenai PD II, tapi mereka belum tentu tahu detail-detailnya sebagaimana yang kita ketahui. Dengan bekal ini, kita bisa saja memulai membuat sebuah blog tentang perang besar ini atau menulis artikel khusus tentang hal ini dan menawarkan ke surat kabar.

Promosikan diri

Jangan sungkan untuk menceritakan hobi kita kepada teman, keluarga, dan tetangga sehingga hobi menjadi peluang bisnis, dan  tidak perlu terlalu ambisius. Ceritakan saja secara natural dengan menyelipkannya di tengah percakapan. Bentuk marketing bisa bersifat terselubung, tapi hal ini sangat penting jika kita berharap hobi kita mampu mendatangkan uang. Misalnya menceritakan hobi foto- foto.

Mengasah keterampilan

Berlatih, berlatih, berlatih. Semakin banyak waktu dan energi yang kita curahkan untuk melakukan hobi kita, kemampuan kita akan semakin terasah. Jika kita semakin baik, peluang kita memperoleh uang dari hobi kita akan semakin besar.

Sekali lagi, hal terpenting di sini adalah tetap memelihara perasaan sukacita yang kita rasakan saat melakukan hobi itu. Uang yang dihasilkan dari hobi sekadar sebagai bonus tambahan. Dengan prinsip seperti ini, tanpa terasa kita akan mengerjakan hobi itu dengan kemampuan terbaik kita dan pada akhirnya semua itu mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s