Pembuatan Media Tanam Organik untuk Polybag dan Pot


Pembuatan Media Tanam Organik

pengomposan bahan organikBerikut adalah cara-cara pembuatan media tanam organik (polybag atau pot). Untuk membuat media tanam yang baik diperlukan unsur tanah, bahan pengikat atau penyimpan air dan penyedia unsur hara. Bahan baku yang akan digunakan adalah tanah top soil, kompos dan arang sekam.

Media Tanam Organik adalah media tanam yang terbuat dari komponen organisme hidup misalnya bagian dari tanaman seperti daun, batang, bunga, buah, kulit kayu.bagian dari limbah hewan misalnya kotoran hewan, air kencing. Penggunaan bahan organik sebagai media tanam jauh lebih unggul dibandingkan dengan bahan anorganik.

Hal itu dikarenakan bahan organik sudah mampu menyediakan unsur-unsur hara bagi tanaman. Selain itu, bahan organik juga memiliki pori-pori makro dan mikro yang hampir seimbang sehingga sirkulasi udara yang dihasilkan cukup baik serta memiliki daya serap air yang tinggi.media awal sangatlah penting untuk pertumbuhan tanaman agar dapat berkembang dengan baik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

media tanam organik yang baikBerikut langkah-langkahnya:

Siapkan tanah yang terlihat gembur dan subur. Tanah yang diambil lebih baik dipilaih pada bagian paling atas. Kemudian tanah diayak hingga menjadi butiran-butiran halus dan diusahakan tanah dalam keadaan kering sehingga tidak menggumpal karena tanah yang menggumpal akan menyebabkan bahan-bahan tidak tercampur dengan merata.

Siapkan kompos yang telah matang. Kompos yang dipakai bisa dari kompos biasa, bokashi atau kompos takakura. Selanjutnya kompos diayak sehingga menjadi butiran-butiran halus.

Siapkan arang sekam. Arang sekam yang digunakan haruslah arng yang sudah jadi, sehingga dapat tercampur secara merata ketika dicampur dengan bahan lainnya.

Cara Pembuatan:

Campurkan tanah, kompos, dan arang sekam dalam sebuah wadah. Komposisi campuran yang dibuat adalah 2 bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam (2:1:1). Semua campuran tersebut dicampurkan dan diaduk hingga merata. Siapkan pot atau polybag, lalu masukkan campuran tersebut kedalamnya. Media tanam sudah siap digunakan.

Ketiga bahan baku tersebut bisa juga dicampur dengan komposisi 1:1:1 atau 2:1:1, tergantung dari jenis tanaman dan ketersediaan sumber dayanya. Mengenai hasil, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang berbeda-beda, sehingga lebih baik kita mencobanya secara try and error.

Media tanam sangat berguna apabila kita ingin menanam sayuran dalam polybag atau pot. Metode seperti ini cocok diterapkan di lahan yang terbatas atau lahan sempit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s