Manfaat Yogurt Bagi Ibu Hamil

Manfaat Yoghurt Bagi Ibu Hamil

Manfaat Yogurt Bagi Ibu Hamil

Yoghurt adalah hasil fermentasi susu oleh bakteri. Proses fermentasi ini awalnya berlangsung sangat lambat dan tidak terduga karena tergantung bakteri yang melekat di dalam susu. Bakteri tersebut akan menguraikan laktosa (gula susu) menjadi asam laktat dan berbagai komponen aroma dan citarasa. Selain baik untuk kesehatan, ternyata yoghurt merupakan salah satu dari lima jenis makanan yang sangat dibutuhkan oleh semua ibu hamil yaitu jus jeruk, brokoli, yoghurt, miju-miju (sejenis kacang), dan buah ara.

Manfaat Yogurt Bagi Ibu HamilKandungan nutrisi di dalam yoghurt dapat dikatakan lengkap, mulai dari protein, kalsium, vitamin B, magnesium, seng dan beberapa mikronutrien lain. Ternyata seluruh nutrisi yang terdapat pada yoghurt memang dibutuhkan oleh janin yang masih dalam kandungan.

Protein akan membuat tumbuh kembang janin menjadi lebih sempurna dan kalsium akan memperkuat tulang janin. Vitamin tentu saja akan diperlukan baik oleh sang ibu maupun janin yang dikandungnya. Berikut adalah beberapa penjelasan terkait manfaat yogurt bagi ibu hamil.

Yoghurt plain yang masih segar dan baru diproduksi juga masih mengandung bakteri hidup yang baik untuk pencernaan. Jika bibit yoghurtnya mengandung bakteri probiotik (seperti Lactobacillus acidophilus), maka yoghurt tersebut juga akan mengandung bakteri probiotik. Probiotik akan menjaga usus sang ibu tetap dalam kondisi terbaik, mencegah serangan penyakit yang masuk lewat makanan. Manfaat yogurt bagi ibu hamil adalah kadar probiotik pada yoghurt berada dalam titik terbaik, yaitu pada 1-2 hari setelah produksi.

Yoghurt juga mengandung sejumlah zat gizi yang baik untuk menunjang proses kehamilan, terutama protein, kalsium (Ca), vitamin D, dan serat. Protein membantu proses pembentukan sel-sel tubuh janin, kalsium membantu proses pembentukan tulang dan gigi. Vitamin D mencegah pre-eklampsia, dan kandungan seratnya mencegah dari masalah sembelit yang sering dialami ibu hamil.

Sebagai sumber probiotik (bakteri baik dalam pencernaan) dan prebiotik (makanan bakteri baik), yoghurt juga membantu fungsi sistem pencernaan. Sehingga keluhan sulit buang air besar dan sembelit semakin berkurang. Belum ada anjuran khusus yang disepakati untuk konsumsi yogurt bagi ibu hamil untuk saat ini, sehingga apa yang lakukan relatif aman.

Berapa banyak yoghurt yang dibutuhkan seorang ibu hamil setiap hari tentu saja bersifat relatif. Namun menurut berbagai sumber, mengkonsumsi 250 mL yoghurt segar tiap hari sudah sangat mencukupi. Yoghurt terbaik untuk ibu hamil adalah plain yoghurt (yang tidak diberi perisa dan pewarna) atau sweet-plain (yoghurt plain yang hanya diberi gula/madu). Jika ingin menggunakan perisa dan pewarna, gunakanlah sedikit saja dan pastikan menggunakan perisa khusus yoghurt dan pewarna makanan berkualitas tinggi.

sumber
teguhkarisma.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s