Manfaat Yoghurt untuk mengatasi bau pada mulut

Manfaat yoghurt untuk mengatasi bau mulut

Manfaat yoghurt untuk mengatasi bau mulut

Ada beberapa jenis makanan yang ternyata dapat mencegah bau mulut yang tidak sedap. Salah satu yang cukup efektif adalah mengkonsumsi Yoghurt.

Saat ini yoghurt semakin populer di kalangan masyarakat. Selain dimakan secara langsung, yoghurt juga ditambahkan dalam berbagai macam menu penutup makanan, seperti puding, salad atau campuran pada minuman buah.

Rasa yoghurt yang khas membuat yoghurt pun disukai berbagai kalangan. Dan, selain rasanya yang unggul, khasiat yoghurt untuk berbagai masalah kesehatan pun mulai dirasakan banyak orang.

Menurut Robert Meltzer, manfaat yoghurt untuk mengatasi bau mulut yoghurt adalah mampu menetralisir asam pada saluran cerna.  Penyebab bau mulut bisa berasal dari dua hal, yaitu gangguan dalam perut atau gangguan dari dalam mulut itu sendiri. Dua orang dokter, baik dokter saluran cerna maupun dokter gigi membenarkan khasiat yoghurt untuk mengatasi problem bau mulut.

Robert Meltzer, dokter spesialis saluran cerna dari New York, mengatakan kandungan probiotik yang ada dalam yoghurt ini, yang menyebabkan adanya khasiat yoghurt untuk bau mulut. Yoghurt memang tidak membunuh bakteri yang ada di dalam mulut, gigi ataupun lidah, tetapi kandungan probiotiknya mampu menetralisis asam yang terdapat antara mulut dan perut, termasuk dalam tenggorokan dan kerongkongan.

Pada umumnya, gangguan pada perut yang menyebabkan napas tidak sedap adalah karena keadaan asam. Penyebabnya bisa jadi masalah gastrologi atau lambung. Kondisi asam dari lambung ini yang kemudian dinetralisir oleh yoghurt. Karenanya, ketika ditanyakan, apakah yoghurt berfungsi untuk mengatasi bau mulut yang timbul akibat bawaan penyakit kronis liver, jawabannya belum bisa dipastikan.

Beberapa peneliti lain, pernah juga memaparkan, bahwa khasiat yoghurt untuk bau mulut dengan bekerja langsung di dalam mulut. Bakteri pada yoghurt, dikatakan mampu untuk menekan kadar sulfat berlebihan pada mulut. Sedangkan sulfat ini adalah zat yang memicu bau tidak sedap (berbagai sumber)

Selain khasiat diatas, bau mulut yang timbul selama puasa pun bisa diatasi dengan mengkonsumsi yoghurt. Berpuasa dan bau mulut adalah dua hal yang sering dikaitkan.

Bau mulut saat sedang menjalani ibadah puasa sebenarnya lumrah. Namun, hal tersebut dapat membuat percaya diri menurun dan mengganggu jika harus bertemu dengan banyak orang. Maka dari itu penting untuk menjaga kebersihan mulut walau sedang berpuasa.

Dilansir dari kolomsehat.com, penyebab bau mulut  saat berpuasa karena keringnya mulut selama berpuasa. Tanpa asupan makanan, fungsi mengunyah pada mulut secara otomatis tidak dilakukan.  Hal ini membuat kelenjar ludah tidak memproduksi air liur dalam jumlah cukup. Produksi air liur inilah yang membuat mulut tetap lembab dan menjaga nafas mulut tetap segar.

Selain rajin menggosok gigi setelah makan sahur dan berkumur dengan obat kumur, cara

alami mencegah bau mulut saat berpuasa adalah dengan mengkonsumsi yoghurt. Penelitian di Jepang menyatakan, mengkonsumsi  yoghurt plain (murni) dapat menghilangkan bau mulut secara alami. Karena kandungan gula alami pada makanan ini dapat menghilangkan komponen sulfur pada mulut yang memicu terjadinya bau mulut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s