Manfaat Wisata Edukasi Sekolah (Field Trip)

manfaat field trip di bogor

Manfaat Wisata  Edukasi Sekolah

manfaat wisata edukasi sekolahSeperti yang kita ketahui dari kegiatan pembelajaran di sekolah, selain melakukan aktivitas belajar di kelas, terdapat juga beberapa sekolah yang menerapkan konsep studi lapangan atau yang biasa disebut dengan wisata edukasi sekolah atau field trip ini.

Wisata Edukasi Sekolah merupakan suatu istilah yang memiliki arti studi lapangan yang dilakukan oleh para siswa untuk belajar dan melakukan trip menuju luar lapangan sekolah.

Mungkin tidak semua sekolah mampu menyelenggarakan kegiatan tersebut karena mengingat jumlah siswa yang tidak mungkin untuk melakukan pembelajaran studi lapangan di luar sekolah. Secara umum, kegiatan studi lapangan ini hanya diterapkan oleh beberapa sekolah Internasional yang jumlah siswanya masih memungkinkan untuk mengajak para siswanya untuk belajar di luar sekolah.

Sedangkan pada sekolah swasta, masih sangat jarang didengar adanya kegiatan pembelajaran di luar sekolah karena mengingat banyaknya jumlah murid-murid mereka yang tidak memungkinkan diadakannya kegiatan wisata edukasi sekolah / Field trip.  Selain itu, suatu organisasi dari sekolah tersebut juga memerlukan biaya yang cukup besar untuk menyelenggarakan studi lapangan tersebut.

Wisata edukasi sekolah / Field trip bukanlah suatu kegiatan bagi para murid untuk bertamasya ataupun bermain saja di luar lingkungan sekolah. Namun biasanya wisata edukasi sekolah tersebut  dilakukan dengan menyertakan tugas laporan yang hendak mereka cari tentang informasinya.

manfaat wisata edukasi dan field trip TK dan SD di BogorPara murid biasanya diberi suatu kertas laporan untuk menuliskan informasi apa saja yang mereka dapatkan lalu diberi tes berupa ulangan untuk mencoba pengetahuan yang mereka peroleh dari kegiatan studi lapangan tersebut.

Ada juga beberapa guru yang akan menganjurkan mereka untuk menuliskan artikel ataupun jurnal dari wilayah objek wisata yang telah mereka kunjungi sehingga adanya suatu laporan dari setiap siswa yang telah melakukan pengamatan studi lapangan. Inilah kegiatan Field trip / wisata edukasi sekolah yang telah diterapkan oleh beberapa sekolah pada umumnya.

 (artikel Field Trip ini disadur dari rubrik kompasiana, dimuat tgl 07 mei 2013)

Wisata Edukasi Sekolah / Field Trip untuk siswa TK dan SD yang saat ini ada di Sentulfresh Edufarm Program menfasilitsi para-siswa untuk berinteraksi langsung dengan hewan dan tanaman sehingga mereka mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan seperti memerah susu sapi, naik anak sapi, memberi makan lele raksasa dll.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s